Apple Kembali Gunakan Nvidia untuk Kartu Grafis Mac Pro

Kompas.com - 17/02/2012, 10:04 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Beberapa tahun belakangan ini Apple selalu menggunakan kartu grafis ATI Radeon untuk komputer desktop, Mac Pro. Namun, untuk Mac Pro terbaru berikutnya, Apple dikabarkan akan kembali menggunakan kartu grafis dari Nvidia.

Kabar ini datang dari situs Mic Gadget. Menurut situs teknologi asal China ini, kartu grafis ATI banyak menimbulkan masalah untuk Mac Pro, di antaranya munculnya artifacts, flickering, overhating, dan no display. Apple juga mengalami kerugian finansial akibat hal ini.

Untuk kartu grafis Mac Pro baru, Apple dikabarkan telah memilih Nvidia Kepler platform, yang rencananya bakal dirilis hampir bersamaan dengan prosesor Intel yang menggunakan kode nama Ivy Bridge.

Nah, prosesor Intel Ivy Bridge ini juga dikabarkan akan digunakan Intel untuk Mac Pro. Prosesor ini diproduksi dengan teknologi manufaktur 22 nanometer (nm) dan tentu saja lebih efisien dari prosesor Intel sebelumnya, kode nama Sandy Bridge.

Apple telah menguji prosesor 8 core baru dengan cache 20MB. Masalah-masalah yang ada pada Mac Pro sebelumnya, termasuk overheating, diharapkan tak muncul. Ini semua berkat penggunaan transistor "tri-gate" yang meningkatkan efisiensi pembuangan panas hingga 30%.

Mac Pro versi terbaru ini diperkirakan akan diluncurkan pada kuartal 3 tahun 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.