Kompas.com - 19/02/2012, 12:37 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Microsoft akhirnya membocorkan logo dari sistem operasi terbarunya, Windows 8, pada Jumat (17/2/2012) dalam blog resmi Tim Windows. Perusahaan software raksasa ini mengadopsi prinsip antarmuka Metro yang digunakan pada Windows 8.

Logo baru merupakan hasil kerjasama antara tim pengembang Windows dan perusahaan konsultan desain Pentagram. Mereka memelajari filosofi Metro, dan pihak Microsoft mengakui, terjadi perubahan besar pada logo Windows 8.

Jendela, bukan bendera

Logo Windows yang benar-benar seperti jendela yang terdiri dari empat kotak, hanya direpresentasikan pada Windows 1.0 dan Windows 89.

Seiring perkembangan jaman, Microsoft nampak tergoda untuk memperkaya logo dengan warna, animasi dan 3 dimensi. Godaan ini membuat logo Windows seperti sebuah bendera dalam posisi berkibar.

Windows 8 & Windows versi lawas

Salah seorang desainer Pentagram, Paula Scher, mengajukan pertanyaan sederhana pada tim pengembang Windows. "Produk Microsoft adalah Windows yang berarti jendela. Lalu mengapa logonya seperti bendera?" begitu kira-kira pertanyaan Paula.

Tim pengembang Windows sepakat dengan Paula. Alhasil, logo Windows 8 dibuat seperti jendela tanpa lekukan dalam perspektif kemiringan kecil.

Desain ini memperkuat identitas antarmuka Metro yang dikenal dengan pilihan menu berbentuk kotak, atau disebut tile.

Satu warna

Logo Windows versi lawas menggunakan 4 warna berbeda di setiap kotaknya, yakni merah, hijau, biru dan kuning. Pada Windows 8, keempat kotak tersebut diberi warna default biru muda. Begitupun dengan teks Windows 8-nya.

Kendati demikian, Microsoft mengatakan, warna tersebut dapat diubah sesuai keinginan si pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.