Pabrik iPad di China Naikkan Gaji

Kompas.com - 20/02/2012, 15:26 WIB
EditorErlangga Djumena

BEIJING, KOMPAS.com - Pabrik pembuat iPhone dan iPad Foxconn Technology Group yang sedang disorot karena kondisi pekerja mereka, menaikkan gaji pekerjanya di China sebesar 16-25 persen bulan ini. Hal  ini merupakan kenaikan gaji besar kedua sejak tahun 2010.

Dalam pernyataan pada Jumat (17/2/2012), Foxconn yang bermarkas di Taiwan mengatakan kenaikan upah seorang pekerja baru di Shenzhen, China Selatan sebesar 1.800 yuan (290 dollar AS) perbulan dan bisa naik lagi menjadi 2.200 yuan jika pekerja  lulus tes.

Foxconn membandingkan upah pekerja muda itu pada tiga tahun lalu yang hanya sebesar 900 yuan perbulan. "Sebagai perusahaan manufaktur terkemuka di China, gaji pokok pekerja junior di semua pabrik Foxconn, China sudah jauh lebih tinggi dari upah minimum yang ditetapkan pemerintah daerah," kata pernyataan tersebut. "Kami akan memberikan kesempatan pelatihan dan waktu belajar lebih banyak dan akan terus meningkatkan teknologi, efisiensi dan gaji sehingga dapat memberi contoh yang baik untuk industri manufaktur di China."

Pengumuman itu diambil setelah Apple dikritik lantaran kondisi kerja  pemasok  mereka di China yang terlampau keras.  Praktik kerja di pabrik besar Foxconn, China berada di bawah pengawasan ketat pada 2010 setelah rangkaian kasus bunuh diri oleh kalangan pekerja muda. Pada Juni lalu, tiga pekerja tewas dalam ledakan di pabrik Foxconn, Chengdu, China barat.

Bulan lalu, New York Times menerbitkan sebuah investigasi praktek kerja di Foxconn yang mendokumentasikan buruknya kesehatan, kondisi keamanan dan jam kerja yang panjang.

Untuk menanggapi hal itu, Apple meminta Asosiasi Tenaga Kerja (FLA) yang berbasis di Washington DC untuk memantau kondisi pabrik pemasok mulai 14 Februari. Dalam wawancara dengan Reuters pada 15 Februari, Presiden FLA mengatakan kondisi pabrik Foxconn jauh lebih baik daripada pabrik-pabrik garmen atau fasilitas di tempat lain di China.

Terakhir kali, Foxconn Grup mengangkat upah pada uni 2010, ketika gaji pekerja di China naik lebih dari 30 persen.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.