Lawan Motorola, Apple Menangkan Paten "Slide-to-Unlock"

Kompas.com - 20/02/2012, 16:11 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Perang paten antara Apple vs Motorola semakin memanas di Jerman. Kali ini, Apple mencatat kemenangan untuk paten slide-to-unlock, sebuah fitur untuk membuka kunci layar smartphone dengan cara menggeser jari dari kiri ke kanan pada area tertentu.
 
Keputusan ini merupakan hasil final yang dikeluarkan Hakim Peter Guntz dari Pengadilan Daerah Munich, Jerman, pada Kamis waktu setempat (16/2/2012). Kendati demikian, Motorola tetap berencana untuk mengajukan banding.
 
Paten yang dipermasalahkan antara keduanya bernomor EP1964022, terkait slide-to-unlock perangkat dengan layar sentuh.
 
Dengan kemenangan ini, sebenarnya Apple bisa saja memblokir penjualan perangkat mobile Motorola yang terbukti melanggar paten.
 
Menurut Florian Mueller, aktivis hak kekayaan intelektual di bidang teknologi, kemenangan ini sangat berarti bagi Apple untuk melawan perusahaan produsen Android lainnya, seperti Samsung.
 
Pasalnya, saat ini Apple sedang menuntut Samsung di Pengadilan Federal California, Amerika Serikat, terkait fitur yang sama pada smartphone Galaxy Nexus.

 

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X