Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawan Motorola, Apple Menangkan Paten "Slide-to-Unlock"

Kompas.com - 20/02/2012, 16:11 WIB

KOMPAS.com - Perang paten antara Apple vs Motorola semakin memanas di Jerman. Kali ini, Apple mencatat kemenangan untuk paten slide-to-unlock, sebuah fitur untuk membuka kunci layar smartphone dengan cara menggeser jari dari kiri ke kanan pada area tertentu.
 
Keputusan ini merupakan hasil final yang dikeluarkan Hakim Peter Guntz dari Pengadilan Daerah Munich, Jerman, pada Kamis waktu setempat (16/2/2012). Kendati demikian, Motorola tetap berencana untuk mengajukan banding.
 
Paten yang dipermasalahkan antara keduanya bernomor EP1964022, terkait slide-to-unlock perangkat dengan layar sentuh.
 
Dengan kemenangan ini, sebenarnya Apple bisa saja memblokir penjualan perangkat mobile Motorola yang terbukti melanggar paten.
 
Menurut Florian Mueller, aktivis hak kekayaan intelektual di bidang teknologi, kemenangan ini sangat berarti bagi Apple untuk melawan perusahaan produsen Android lainnya, seperti Samsung.
 
Pasalnya, saat ini Apple sedang menuntut Samsung di Pengadilan Federal California, Amerika Serikat, terkait fitur yang sama pada smartphone Galaxy Nexus.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com