Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Insiden udara

F16 AS Mendarat Darurat di Saipan

Kompas.com - 22/02/2012, 14:55 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

SAIPAN, KOMPAS.com- Sebuah pesawat tempur F-16 Fighting Falcon milik Angkatan Udara AS mendarat darurat di Bandara Internasional Saipan di Pulau Saipan, wilayah administrasi AS di Samudera Pasifik bagian barat, Senin (20/2/2012) pagi waktu setempat.

Akan tetapi, insiden tersebut baru diumumkan pihak Pangkalan AU AS Andersen di Guam, Selasa (21/2/2012) atau Rabu WIB. 

Pesawat yang berasal dari Pangkalan AU Eielson di Alaska itu sedang menjalani misi latihan dalam latihan gabungan COPE North 2012 saat tiba-tiba memutuskan mendarat darurat di Saipan. Pesawat mendarat sekitar pukul 10.56 waktu setempat, dan menggelinding hingga keluar ujung landasan pacu bandara tersebut.

Pilot dilaporkan selamat, tetapi kerusakan pesawat dan pemicu pendaratan darurat itu belum diketahui. Sebuah tim reaksi cepat dari Lanud Andersen di Guam langsung diberangkatkan untuk menyelidiki insiden tersebut.

Surat kabar Saipan Tribune melaporkan di laman resminya, akibat pendaratan darurat tersebut, Bandara Saipan sempat ditutup hingga tengah malam, dan sedikitnya dua jadwal kedatangan pesawat penumpang dibatalkan. Dua penerbangan yang dibatalkan adalah Delta Airlines nomor penerbangan 298 yang membawa sekitar 300 penumpang dari Narita, Jepang, dan Asiana Airlines nomor penerbangan 603 dari Korea Selatan yang membawa sekitar 400 penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com