24 Jam Memompa Adrenalin Developer di Depok

Kompas.com - 26/02/2012, 14:01 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

DEPOK, KOMPAS.com - Nokia kembali menggelar sesi coding 24 jam. Kali ini, bekerjasama dengan komunitas DepokMobi, acara digelar di Depok untuk platform Asha.

"Kami ingin memompa adrenalin para pengembang di Depok. Nantinya, acara ini juga bisa digelar di beberapa kota lain," tutur Narenda Wicaksono, Developer Manager Nokia South East Asia, saat ditemui di sela-sela kegiatan itu.

Coding Asha 24 Jam itu digelar di Wisma Makara, Universitas Indonesia, Sabtu-Minggu 25-26 Februari 2012. Jumlah peserta yang terdaftar mencapai 80-an orang dengan jumlah tim sekitar 20.

Selama acara, setiap tim mendapatkan Nokia Asha 300 atau 303 untuk digunakan sebagai perangkat mencoba aplikasi yang mereka kembangkan.

Aplikasi yang dikembangkan dalam event ini menggunakan basis J2ME. Pengembangkan dilakukan untuk platform S40 yang digunakan pada Nokia Asha.

Menurut Narenda, dengan mengikuti kegiatan ini, pengembang aplikasi mobile di Depok bisa saling mendorong. Mereka yang sudah lebih matang akan menyemangati temannya yang masih baru mencoba-coba.

Putra Setia Utama, pendiri komunitas DepokMobi, mengatakan pihaknya memang sengaja menghadirkan pengembang dari berbagai tingkat kemampuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sengaja dicampur. Ada yang masih newbie tapi ada juga yang (studionya) sudah mendapatkan funding," ujar Putra.

Beberapa aplikasi selesai dikembangkan dalam rangkaian acara ini. Meskipun beberapa tetap harus disempurnakan sebelum bisa masuk ke Nokia Store.

Salah satu aplikasi yang dihasilkan adalah "na9a reader". Aplikasi ini digunakan untuk melihat konten dari situs humor na9a.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.