Takut Senasib MegaUpload, RapidShare "Cekik" Bandwidth Pengguna Gratisan

Kompas.com - 27/02/2012, 09:08 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Peristiwa penutupan situs file sharing MegaUpload, yang diikuti dengan penangkapan sang pendiri Kim Dotcom, tentu membuat situs sejenis lainnya ketar-ketir. Banyak situs yang mengeluarkan kebijakan baru, tak terkecuali RapidShare.

Sepekan terakhir ini, pengguna akun gratis RapidShare mengeluh bahwa kecepatan download di RapidShare jauh lebih rendah dari sebelumnya.

Pada Jumat (24/2/2012) lalu, pihak RapidShare mengonfirmasi kebenaran tersebut. Sejak MegaUpload ditutup, RapidShare mengalami lonjakan trafik download dari pengguna tidak berbayar.

"Kami memutuskan untuk mengambil langkah yang tidak popler, namun efektif. Dengan cara mengurangi kecepatan download untuk pengguna gratis, kami yakin langkah ini akan membuat RapidShare menjadi tidak populer di kalangan pembajak, dan kami ingin mengarahkan trafik pembajakan semacam ini pergi," demikian keterangan RapidShare.

Ada indikasi bahwa para pembajak mulai memanfaatkan RapidShare, karena beberapa situs file sharing mulai menghapus data-data para penggunanya.

RapidShare menambahkan, mereka tidak menurunkan kecepatan download untuk semua file. Jika yang di-download adalah file asli (bukan file yang digandakan tanpa izin pemegang hak cipta), maka pengguna yang tidak berbayar akan mendapat kecepatan download normal.

Nampaknya RapidShare ingin menerapkan kebijakan baru secara perlahan, agar penggunanya membeli akun premium. Langkah ini diperlukan RapidShare, mengingat gencarnya upaya anti pembajakan online dari para pemegang hak cipta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X