Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Senasib MegaUpload, RapidShare "Cekik" Bandwidth Pengguna Gratisan

Kompas.com - 27/02/2012, 09:08 WIB

KOMPAS.com - Peristiwa penutupan situs file sharing MegaUpload, yang diikuti dengan penangkapan sang pendiri Kim Dotcom, tentu membuat situs sejenis lainnya ketar-ketir. Banyak situs yang mengeluarkan kebijakan baru, tak terkecuali RapidShare.

Sepekan terakhir ini, pengguna akun gratis RapidShare mengeluh bahwa kecepatan download di RapidShare jauh lebih rendah dari sebelumnya.

Pada Jumat (24/2/2012) lalu, pihak RapidShare mengonfirmasi kebenaran tersebut. Sejak MegaUpload ditutup, RapidShare mengalami lonjakan trafik download dari pengguna tidak berbayar.

"Kami memutuskan untuk mengambil langkah yang tidak popler, namun efektif. Dengan cara mengurangi kecepatan download untuk pengguna gratis, kami yakin langkah ini akan membuat RapidShare menjadi tidak populer di kalangan pembajak, dan kami ingin mengarahkan trafik pembajakan semacam ini pergi," demikian keterangan RapidShare.

Ada indikasi bahwa para pembajak mulai memanfaatkan RapidShare, karena beberapa situs file sharing mulai menghapus data-data para penggunanya.

RapidShare menambahkan, mereka tidak menurunkan kecepatan download untuk semua file. Jika yang di-download adalah file asli (bukan file yang digandakan tanpa izin pemegang hak cipta), maka pengguna yang tidak berbayar akan mendapat kecepatan download normal.

Nampaknya RapidShare ingin menerapkan kebijakan baru secara perlahan, agar penggunanya membeli akun premium. Langkah ini diperlukan RapidShare, mengingat gencarnya upaya anti pembajakan online dari para pemegang hak cipta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com