Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan "Malware" di Perangkat Android Naik Drastis

Kompas.com - 27/02/2012, 09:43 WIB

KOMPAS.com - Juniper Networks Mobile Threat Center melaporkan serangan malware di perangkat mobile berbasis Android selama tahun 2011 mengalami peningkatan hingga 3.325 persen. Penambahan program berbahaya tersebut diklaim belum pernah terjadi sebelumnya.

Program-program berbahaya yang muncul di Android tercatat sebanyak 13.302 malware pada akhir 2011, meningkat dari sebelumnya yang hanya 400 malware. Penambahan dari angka 400 ke 13.302 malware tercapai dalam jangka waktu 6 bulan saja.

Padahal serangan malware mobile di semua platform hanya meningkat 155 persen, dari 11.138 malware di tahun 2010 menjadi 28.472 malware di akhir 2011.

Bila Android mencatat penambahan malware terbanyak, malware di platform BlackBerry hanya tumbuh 8 persen dan platform Java ME naik 49 persen.

Jenis malware yang terbanyak ditemukan di Android adalah jenis spyware, dengan jumlah sekitar 63 persen.

Dari jumlah tersebut sekitar 36 persen diantaranya merupakan trojan SMS Premium, sekitar 30 persen adalah malware yang mampu mengambil informasi lokasi tanpa izin pengguna, dan 14,7 persen adalah malware yang bisa memiliki kemampuan untuk membuat panggilan tanpa perintah pengguna.

Dengan adanya laporan tersebut menunjukkan bahwa malware cenderung semakin canggih. Apalagi dengan adanya malware seperti Droid KungFu yang menggunakan muatan enkripsi untuk menghindari deteksi dan Dream Droid yang menyamarkan dirinya sebagai aplikasi yang valid.

Pakar keamanan, Bruce Schneier memandang hal tersebut bukanlah hal yang mengejutkan.

"Saya tidak berpikir ini cukup mengejutkan sama sekali. Mobile adalah platform baru. Mobile adalah platform yang sangat familiar. Di situlah malware akan menyerang," tulis Schneier dalam blog-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com