Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berdekatan, Lokasi Data Center Apple dan Facebook

Kompas.com - 27/02/2012, 16:03 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple akan membangun data center seluas 160 hektar di Prineville, Oregon AS. Tanah yang dibeli seharga 5,6 juta dollar AS ini berdekatan dengan data center milik Facebook.

Juru bicara Apple Inc, Kristin Huguet membenarkan pembelian lahan di Prineville tersebut. "Kami memang membeli lahan tersebut dan akan menggunakannya untuk data center," ungkap Huguet singkat kepada media.

Namun Huguet tidak menjelaskan secara rinci, data center tersebut dibangun untuk proyek apa. Sebelumnya, data center Apple yang didirikan akhir tahun 2011 di Maiden, Carolina Utara, digunakan Apple untuk mendukung layanan iCloud. Apple menginvestasikan 500 juta dollar AS untuk membangun fasilitas backbone iCloud di data center tersebut.

Apple dan Facebook memilih Prineville
Dan Olds, principal analyst di Gabriel Consulting Group mengatakan, wajar jika Apple dan Facebook memilih Prineville sebagai lokasi data center. Prineville, yang teletak di pusat Oregon, merupakan wilayah yang memiliki tempetatur yang tepat untuk sebuah data center. Wilayah itu hangat di siang hari dan dingin di malam hari.

Lahan dan energi di wilayah tersebut itu pun murah dan data center bisa memanfaatkan bendungan air di sungai Columbia untuk menghasilkan listrik dari pembangkit listrik tenaga air.

Facebook membuka data center pertamanya di wilayah ini dan data center tersebut menggunakan sistem pendinginan evaporatif untuk mendinginkan udara.  

Masih di Oregon, namun jauh dari Prineville, Google dan Amazon juga membangun data center. Oregon menjadi wilayah yang dipilih empat perusahaan teknologi ini untuk solusi pembangunan data center.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.