Mengungkap Jadwal Rilis dan Spesifikasi iPad 3

Kompas.com - 29/02/2012, 08:59 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Rumor tentang spesifikasi dan desain iPad 3 tidak pernah berhenti dilontarkan. Bahkan, mendekati waktu peluncuran iPad 3 yang dikabarkan pada Maret mendatang,  tablet besutan Apple ini terus diperbincangkan.

Prediksi waktu peluncurannya semakin mendekati kenyataan setelah setelah Apple mengirimkan undangan suatu acara kepada wartawan di AS. Acara yang berlangsung di San Francisco pada Rabu (7/3/2012) pekan depan itu diyakini menjadi ajang perkenalan produk terbaru iPad.

Jika jadwalnya sedikit terkuak, berikut rangkuman bocoran-bocoran spesifikasi "jeroan" dari iPad 3:

1. Apple sedang menguji tablet 8 inci
Apple dikabarkan sedang menguji coba perangkat tablet dengan ukuran layar 8 inci. Perangkat tersebut memiliki layar yang lebih kecil dari iPad generasi sebelumnya yaitu 9,7 inci. Apakah iPad 3 akan menggunakan layar 8 inci ini?

Namun, kabar tersebut hanya menjelaskan bahwa Apple hanya menguji desain iPad yang lebih kecil dan belum ada kepastian Apple akan memproduksinya secara massal perangkat tersebut. Bisa jadi ini hanya konsep atau sekadar prototipe.

Jadi, sepertinya iPad 3 akan tetap menggunakan ukuran layar yang sama dengan iPad 2.

2. Retina Display
Layar iPad 3 dikabarkan memiliki resolusi 2.048 x 1.536 piksel. Ini berarti, kerapatan pikselnya mencapai 264 piksel per inci. Sementara produk iPad 2 saat ini hanya memiliki kerapatan 132 pikel per inci.

Jika benar, tampilan iPad 3 diyakini akan jauh lebih memukau dibandingkan iPad 2. Ini kurang lebih setara dengan 'Retina Display' yang digunakan pada iPhone 4 dengan kerapatan 300 pixel per inci.

Berikut video penjelasan Retina Display:



3. Prosesor Apple A6 Quad-core

Apple juga dikabarkan akan menggunakan prosesor generasi terbaru, A6 Quad core pada iPad 3.

Halaman:
Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.