Capai 300 Juta Unit, Android Terus Tumbuh 850 Ribu Unit Per Hari

Kompas.com - 29/02/2012, 09:16 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sejak kemunculan sistem operasi Android tahun 2007 silam, ekosistemnya mengalami kenaikan begitu cepat. Sebagai empunya Android, Google melaporkan bahwa perangkat Android di seluruh dunia telah mencapai 300 juta unit.

Pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2012 di Barcelona, Spanyol, pada 27 Februari hingga 1 Maret 2012, Google juga melaporkan total aktivasi per hari perangkat Android serta total aplikasi di Android Market.

Pada pertengahan Desember 2011 lalu, setiap harinya ada 700 ribu aktivasi perangkat Android di seluruh dunia. Pada akhir pekan momen Natal 2011, aktivasi Android mencapai 3,7 juta. Dan sekarang, pertumbuhan Android semakin cepat dengan aktivasi 850 ribu perangkat per hari.

Untuk toko aplikasi Android Market, saat ini sudah tersedia 450 ribu aplikasi. Jumlah ini naik tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu, di mana Google mengumumkan total aplikasi di Android Market baru 150 ribu.

Kesuksesan ini tentu dipicu karena sifat Android sebagai sistem operasi terbuka (open source) yang bebas diadopsi oleh vendor manapun. Hingga saat ini, Android sudah dikembangkan sampai versi 4.0 yang diberi nama Ice Cream Sandwich.

Namun hingga awal Januari 2012, Ice Cream Sandwich baru digunakan oleh satu persen dari total perangkat Android yang ada di seluruh dunia.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X