Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capai 300 Juta Unit, Android Terus Tumbuh 850 Ribu Unit Per Hari

Kompas.com - 29/02/2012, 09:16 WIB

KOMPAS.com - Sejak kemunculan sistem operasi Android tahun 2007 silam, ekosistemnya mengalami kenaikan begitu cepat. Sebagai empunya Android, Google melaporkan bahwa perangkat Android di seluruh dunia telah mencapai 300 juta unit.

Pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2012 di Barcelona, Spanyol, pada 27 Februari hingga 1 Maret 2012, Google juga melaporkan total aktivasi per hari perangkat Android serta total aplikasi di Android Market.

Pada pertengahan Desember 2011 lalu, setiap harinya ada 700 ribu aktivasi perangkat Android di seluruh dunia. Pada akhir pekan momen Natal 2011, aktivasi Android mencapai 3,7 juta. Dan sekarang, pertumbuhan Android semakin cepat dengan aktivasi 850 ribu perangkat per hari.

Untuk toko aplikasi Android Market, saat ini sudah tersedia 450 ribu aplikasi. Jumlah ini naik tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu, di mana Google mengumumkan total aplikasi di Android Market baru 150 ribu.

Kesuksesan ini tentu dipicu karena sifat Android sebagai sistem operasi terbuka (open source) yang bebas diadopsi oleh vendor manapun. Hingga saat ini, Android sudah dikembangkan sampai versi 4.0 yang diberi nama Ice Cream Sandwich.

Namun hingga awal Januari 2012, Ice Cream Sandwich baru digunakan oleh satu persen dari total perangkat Android yang ada di seluruh dunia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com