Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Paten Yahoo, Facebook Diminta Bayaran

Kompas.com - 01/03/2012, 08:48 WIB

KOMPAS.com - Perang paten sudah jadi hal yang biasa untuk perusahaan-perusahaan teknologi di Silicon Valley. Setelah Samsung dan Apple, kini giliran Yahoo yang "mengajak perang" Facebook terkait masalah paten.

Yahoo telah meminta Facebook menyetujui dan membayar lisensi paten sebanyak 10 hingga 20 paten yang dikeluarkan Yahoo.

"Yahoo memiliki tanggung jawab untuk karyawan, pemegang saham, dan stakeholder lainnya untuk melindungi kekayaan intelektual. Kami harus bersikeras agar Facebook menyetujui perjanjian lisensi atau kami akan bergerak secara sepihak untuk melindungi hak-hak kami," ungkap juru bicara Yahoo seperti dikutip CNet.

Sebelum dihubungi CNet, artikel tentang Yahoo mengajak perang paten kepada Facebook telah lebih dulu ditulis oleh New York Times. Pihak Facebook mengaku masih belum mengerti permintaan dari Yahoo sehingga belum bisa memberi pernyataan.

"Yahoo menghubungi kami bersamaan dengan saat mereka menghubungi The New York Times. Kami belum memiliki kesempatan untuk mengevaluasi klaim mereka," ujar Barry Schnitt, juru bicara Facebook.

Memang belum jelas, paten apa yang sedang diklaim oleh Yahoo, namun secara garis besar, Yahoo menginginkan pengaturan soal iklan, personalisasi website, jejaring sosial, dan layanan chatting. Pihak Facebook mengatakan tidak akan mengeluarkan pernyataan apapun sampai kasus ini dipelajari lebih jauh.

Simbiosis mutualisme antara Yahoo dengan Facebook
Integrasi Yahoo dengan Facebook telah berhasil meningkatkan trafik Yahoo sebesar tiga kali lipat. Kenaikan trafik terjadi, sejak Yahoo mengeluarkan aplikasi yang terintegrasi dengan Facebook.

Pengguna Facebook yang sedang membaca artikel di Yahoo, secara otomatis artikelnya akan muncul di news feed Facebook, sehingga memancing pengguna lain untuk ikut membaca.

Sebaliknya, Yahoo Mail juga telah menyediakan integrasi dengan Facebook sehingga pengguna email Yahoo bisa melihat news feed Facebook langsung dari akun email, tanpa perlu login ke website Facebook.

Kerja sama saling menguntungkan ini, tampaknya masih terbentur oleh masalah paten. Facebook dan Yahoo harus duduk bersama, menyelesaikan masalah ini, jika tidak ingin kasus ini berujung di perang paten pengadilan, seperti yang terjadi antara Apple dengan Samsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com