Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda "Delay", Penumpang Protes Keras

Kompas.com - 02/03/2012, 06:26 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penumpang pesawat Garuda Indonesia protes keras dan mengaku marah akibat keterlambatan penerbangan hingga enam jam di Bandar Udara Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (2/3/2012).

Anggota DPRD Kota Bontang, Kalimantan Timur, Muhammad Nurdin, yang menghubungi Kompas, menyatakan bahwa pesawat GA 523 dari Balikpapan tujuan Jakarta seharusnya terbang pukul 18.40 Wita. Namun, hingga pukul 00.45 Wita, belum ada tanda-tanda penumpang akan diberangkatkan.

Penumpang pesawat GA 523 yang juga warga Jakarta, HM Suharto, menyatakan amat kesal dengan alasan yang diberikan oleh maskapai. Awalnya, maskapai memberikan alasan bahwa penerbangan tertunda akibat adanya perubahan sistem komputerisasi.

Namun, belakangan diketahui bahwa terjadi kerusakan pada pesawat yang harus diberangkatkan. "Jadi, kami harus menunggu pesawat dari daerah lain untuk penerbangan yang sampai saat ini belum jelas," kata Suharto dengan nada tinggi dan mengaku amat emosi.

Nurdin mengatakan, beberapa penumpang sampai amat emosi akibat petugas maskapai dianggap berbohong dengan memberikan informasi atau alasan yang berubah-ubah.

Nurdin dan Suharto mengatakan, kompensasi berupa voucer senilai Rp 300.000, makanan berupa nasi atau mi dalam kemasan kotak, dan roti serta air minum dalam kemasan yang telah diberikan tidak mampu mengobati kekesalan hati penumpang.

"Kami menuntut pelayanan oleh Garuda Indonesia diperbaiki," kata Nurdin yang diamini Suharto. Di belakang terdengar juga teriakan beberapa orang yang menyatakan hal senada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com