Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melongok Windows 8 "Consumer Preview"

Kompas.com - 05/03/2012, 09:58 WIB

KOMPAS.com - Microsoft telah merilis Windows 8 versi Beta di perhelatan Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, akhir Februari lalu. Windows 8 versi Beta ini juga disebut Windows 8 Consumer Preview.

Ada banyak perubahan yang terjadi di Windows 8. Tak heran jika Microsoft sangat berambisi sistem operasi terbarunya akan menuai sukses, tak hanya di jajaran komputer desktop tapi juga di jajaran tablet dan smartphone.

Log-in

Jika Anda salah seorang yang suka menjaga privasi perangkat komputer dengan password, Windows 8 menyediakan cara baru berupa Picture Password, di mana Anda bisa masuk ke sistem operasi dengan menggunakan foto sebagai password-nya.

Pasanglah foto yang berbeda atau memiliki keunikan tersendiri agar lebih aman dan mudah diingat. Foto tersebut akan muncul di layar saat posisi terkunci atau saat Anda hendak mengaktifkan komputer.

Keamanan dari picture password ini berasal dari cara jari Anda menyentuh atau menggambar bagian-bagian tertentu pada foto. Sistem ini merekam kombinasi gerakan, titik gerakan, arah gerakan, dan gerakan jari.

Untuk gerakan jari bisa berupa titik, garis, ataupun lingkaran. Gerakan-gerakan itu akan diterima sebagai akses yang valid sehingga Windows 8 menafsirkan gerakan tersebut sebagai password.

Picture password ini dianggap sebagai metode alternatif untuk login. Jika Anda salah memasukkan sandi gambar sampai lima kali,  perangkat akan terkunci sampai Anda melakukan log-in dengan memasukkan password teks dan karakter seperti biasa.

Windows 8 tidak lagi menyediakan fitur pengenal wajah untuk melakukan log-in.
Lock Sreen - Windows 8 Consumer Preview

Bernavigasi

Navigasi tampilan utama Windows 8 dilakukan dengan cara menggeser. Ini menjadi perubahan besar mengingat Windows 8 telah menggunakan antarmuka Metro. Untuk berpindah dari title bar satu ke title bar lainnya, Anda cukup menggeser ke kiri ataupun ke kanan.

Tampilan menu dan fitur yang berpetak-petak pada Windows 8, disebut tile. Tile tersebut disusun berdasarkan kelompok, seperti Apps, People, Settings dan lainnya. Namun, Anda juga bisa mengkostumisasi tile-tile tersebut.

Jika belum familiar dengan antarmuka Metro, Anda bisa memilih tampilan desktop yang kurang lebih sama dengan tampilan Windows 7.

Tile Desktop untuk menampilkan antarmuka Desktop seperti Windows 7 - Windows 8 Consumer Preview

Seperti Windows versi sebelumnya, selain dinavigasi dengan mouse dan keyboard, Windows 8 juga bisa dinavigasi dengan sentuhan. Berikut tampilan keyboard virtual di Windows 8.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com