Saingi Siri, Google Siapkan "Assistant"

Kompas.com - 05/03/2012, 15:02 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google dikabarkan sedang menggarap aplikasi perintah suara untuk Android, yang akan diluncurkan pada kuartal 4-2012. Kabarnya, aplikasi ini akan diberi nama "Assistant".

Assistant seakan-akan ingin menandingi popularitas aplikasi serupa untuk perangkat mobile dari Apple, yakni Siri. Apple selalu menggembar-gemborkan Siri beserta fitur hebatnya sebagai gimmick di iPhone 4S.

Assistant dari Google, akan memanfaatkan perintah suara yang terintegrasi dengan mesin pencari Google, GMail, jejaring sosial Google+ dan YouTube. Bagi sebagian orang yang sering menggunakan layanan Google, Assistant tentu akan sangat membantu.

Sebagai tambahan, Assistant dapat menemukan jalan ke aplikasi lain karena Google berencana merilis Application Programming Interface (API) terbuka. Ini tentu menguntungkan bagi para developer untuk mengintegrasikan aplikasi yang mereka buat dengan Assistant.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.