Foursquare Akan Ditinggalkan Pendirinya

Kompas.com - 05/03/2012, 16:49 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Foursquare, jejaring sosial berbasis lokasi, akan ditinggalkan oleh pendirinya, Naveen Selvadurai. Meski demikian, ia tak benar-benar meninggalkan Foursquare.

Ia akan tetap berada di jajaran direksi dan menjadi penasehat perusahaannya, meski tak berkantor lagi di Foursquare. Selvadurai berencana melakukan hal baru di luar Foursquare, namun tidak menjelaskan hal baru apa yang akan dikerjakannya.

"Saya tidak yakin tentang langkah apa yang tepat yang akan saya lakukan selanjutnya, tetapi saya mungkin akan melakukan hal-hal yang saya cintai, mislanya menjadi entrepreneur, belajar, dan membangun hal-hal baru," tulisnya dalam postingan blog.

Dalam postingan tersebut, ia mengagumi kemajuan perusahaan meski baru berusia tiga tahun. Konsep jejaring sosial berbasis lokasi Foursquare pertama kali ia perkenalkan  pada konferensi the South By Southwest tahun 2009.

Foursquare didirikan Selvadurai tahun 2009 dalam format website. Foursquare versi mobile kemudian hadir berkat joint venture dengan Dennis Crowley. Dalam tiga tahun terakhir, Foursquare telah memiliki 750 ribu merchant yang terdaftar dan aplikasi mobile-nya telah di-download sebanyak 15 juta kali.

Selvadurai hampir tak bisa percaya, saat ini, setelah menjalani ratusan kali pengujian, perusahaan ini memiliki ratusan karyawan bertalenta, yang membantunya mewujudkan visi dan membangun Foursquare menjadi lebih baik.

"Saya telah melewati proses dari konsep produk ke teknis, dari mencari dana hingga roadshow, dari perekrutan hingga menggaji karyawan. Setelah tiga tahun, saya merasa sudah melakukan semua yang bisa saya lakukan dan saya memilih pindah. Saya dan Dennis telah membahas waktu yang tepat untuk transisi dan itulah saat ini. Jadi bulan ini akan menjadi bulan terakhir saya bekerja di Foursquare," tambahnya dalam postingan blog.

Naveen Selvadurai adalah lelaki kelahiran Tamil Nadu, India, yang melanjutkan pendidikan di KIng's College London, Inggris dan Worcester Polytechnic Institute di AS.

Sebelum mendirikan Foursquare, Selvadurai telah bekerja untuk beberapa perusahaan teknologi seperti Lucent, Sony, Nokia, dan Sun Microsystems. Selvaduri terpilih sebagai "World's New Young MIllionaire" oleh AOL Small Business.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.