Nokia Siapkan PureView untuk Keluarga Lumia

Kompas.com - 06/03/2012, 18:03 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Nokia telah memperkenalkan ponsel PureView 808 di Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, akhir Februari lalu. Pada perhelatan itu, PureView 808 menyabet penghargaan sebagai "Best New Mobile Handset".

Apa yang membuat PureView 808 menarik? Tak lain adalah kamera beresolusi 41MP dengan lensa Carl Zeiss, beserta teknologi kamera PureView itu sendiri. PureView menggunakan teknologi oversampling piksel, sebuah metode pengelompokkan piksel-piksel kecil yang digabungkan untuk membentuk superpiksel tunggal.

Nokia mengklaim, teknologi ini yang mampu menangkap gambar yang jauh lebih bersih walau berada di ruangan bercahaya rendah.

Ukuran file foto dari kamera berteknologi PureView tidaklah besar. Pihak Nokia menyatakan, teknologi PureView membuat ukuran file foto setara dengan 5MP. Jadi, tidak perlu khawatir foto-foto tersebut membuat penuh media penyimpanan.

Nah, rencananya, Nokia bakal menyematkan teknologi PureView pada smartphone Lumia yang bersistem operasi Windows Phone. Hal ini diungkapkan oleh Vice President Marketing Nokia Jo Harlow kepada surat kabar asal Finlandia, Aamulehti.

Harlow tidak memberi bocoran kapan hal itu akan terjadi. Ia hanya mengatakan, tidak akan memakan waktu lama untuk PureView datang ke keluarga Lumia.

Nokia tampak ingin memberi nilai tambah untuk Lumia. Pasalnya, vendor asal Finlandia ini menaruh harap besar pada Windows Phone.

Vice President Nokia Victor Saeijs pernah mengatakan pada awal Februari lalu, investasi Nokia pada Windows Phone harus meraih sukses karena mereka tidak punya plan B.

"Plan B kami adalah plan A harus berhasil," tegas Saeijs.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.