Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Android Meningkat, Opera Turun Takhta

Kompas.com - 07/03/2012, 07:39 WIB

KOMPAS.comBrowser web bawaan Android kini sudah lebih banyak digunakan dibanding web browser Opera. Bahkan pada bulan Februari lalu, browser web Android mengambil posisi teratas sebagai mobile browser web yang paling populer, untuk pertama kalinya.

Menurut data dari StatCounter, dari sembilan mobile browser yang ada, web browser Android mengungguli web browser Opera, iPhone, Nokia, dan BlackBerry. Dalam grafik yang ada, browser Android memperoleh 22 persen, Opera 21 persen, iPhone 20 persen, Nokia 11 persen, dan BlackBerry 7 persen.

Padahal pada Maret 2011, pangsa pasar Opera masih tertinggi dengan capaian 22 persen, diikuti iPhone 18 persen, Nokia 16 persen, Android 14 persen, dan BlackBerry 13 persen.

Opera sendiri populer karena merupakan web browser yang nyaman digunakan di perangkat mobile, dan tersedia di hampir semua sistem operasi mobile. Jadi, pengguna Android, iPhone, Nokia, dan BlackBerry bisa menggunakan Opera sebagai web browser-nya.

Pengguna perangkat-perangkat tersebut sebelumnya lebih memilih Opera dibanding browser bawaan ponselnya. Ini dikarenakan browser bawaan ponsel tersebut kurang memenuhi kebutuhan atau kurang nyaman digunakan.

Namun, vendor-vendor ponsel tersebut tentu tak tinggal diam. Mereka terus berinovasi agar web browser buatan mereka sendiri lebih dipilih oleh pengguna.

Peningkatan pencapaian browser di Android bisa jadi karena jumlah perangkat Android telah meningkat sebanyak 250 persen. Jumlah perangkat Android saat ini sudah mencapai 300 juta unit dan terus tumbuh 850.000 unit setiap harinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com