Pengguna Android Meningkat, Opera Turun Takhta

Kompas.com - 07/03/2012, 07:39 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.comBrowser web bawaan Android kini sudah lebih banyak digunakan dibanding web browser Opera. Bahkan pada bulan Februari lalu, browser web Android mengambil posisi teratas sebagai mobile browser web yang paling populer, untuk pertama kalinya.

Menurut data dari StatCounter, dari sembilan mobile browser yang ada, web browser Android mengungguli web browser Opera, iPhone, Nokia, dan BlackBerry. Dalam grafik yang ada, browser Android memperoleh 22 persen, Opera 21 persen, iPhone 20 persen, Nokia 11 persen, dan BlackBerry 7 persen.

Padahal pada Maret 2011, pangsa pasar Opera masih tertinggi dengan capaian 22 persen, diikuti iPhone 18 persen, Nokia 16 persen, Android 14 persen, dan BlackBerry 13 persen.

Opera sendiri populer karena merupakan web browser yang nyaman digunakan di perangkat mobile, dan tersedia di hampir semua sistem operasi mobile. Jadi, pengguna Android, iPhone, Nokia, dan BlackBerry bisa menggunakan Opera sebagai web browser-nya.

Pengguna perangkat-perangkat tersebut sebelumnya lebih memilih Opera dibanding browser bawaan ponselnya. Ini dikarenakan browser bawaan ponsel tersebut kurang memenuhi kebutuhan atau kurang nyaman digunakan.

Namun, vendor-vendor ponsel tersebut tentu tak tinggal diam. Mereka terus berinovasi agar web browser buatan mereka sendiri lebih dipilih oleh pengguna.

Peningkatan pencapaian browser di Android bisa jadi karena jumlah perangkat Android telah meningkat sebanyak 250 persen. Jumlah perangkat Android saat ini sudah mencapai 300 juta unit dan terus tumbuh 850.000 unit setiap harinya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X