Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tren yang Harus Diperhatikan Pelaku E-Commerce

Kompas.com - 07/03/2012, 14:27 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Oleh Ryota Inaba*

KOMPAS.com - Dalam 18 bulan terakhir, sektor e-commerce mengalami pertumbuhan fenomenal. Kendati kondisi di pasar ketat, penjualan online tetap bergairah.

Faktanya, riset dari Forrester memrediksikan bahwa penjualan eceran online di 17 pasar Uni Eropa terbesar di wilayah Eropa Barat akan mencapai €114 miliar pada 2014 dan bahwa 190 juta penduduk Eropa akan belanja online pada 2014 (meningkat dari 141 juta saat ini).  

Pendorong pasar yang bertumbuh ini adalah penetrasi broadband global, pengalaman belanja online yang makin canggih dan semakin populernya smartphone dan perangkat yang terkoneksi web lainnya.

Bagi pemasar lokal dan internasional, web dan perangkat smartphone telah mengubah bisnis dari komunikasi, menciptakan saluran 24/7 bagi para konsumen di seluruh dunia dan menyediakan mereka kekayaan informasi akan pola belanja.

Konsumen masa kini menggunakan beragam macam saluran ketika akan memutuskan apa yang akan dibeli dan di mana akan belanja barang tersebut.

Sebuah studi baru-baru ini oleh Shop.org, comScore dan Social Shopping Labs menyoroti tren ini dengan mengungkap bahwa 47 persen konsumen mengecek mobile-nya untuk ulasan produk ketika berbelanja di toko-toko sesungguhnya.

Batasan antara dunia online dan offline akan terus membaur dan batasan penjualan eceran internasional telah menjadi semakin kurang tegas.

Di lingkungan belanja baru ini, kami melihat empat tren kunci yang seharusnya diperhatikan para pemasar internasional :

1. Komunitas belanja tanpa batas

Survei oleh Rakuten pada akhir 2011 mengungkap minat internasional untuk membeli dari pedagang global dan maketplace online.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.