Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Minta Pengusaha Lokal Beli Saham Garuda

Kompas.com - 07/03/2012, 15:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mendorong pengusaha dalam negeri membeli sisa saham PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) yang masih dipegang oleh tiga penjamin emisi. Dia tak ingin sisa saham maskapai nasional itu jatuh ke tangan asing.

Cuma, Dahlan tak ingin BUMN membeli saham GIAA itu. Menurutnya, sisa saham tersebut dibeli oleh pengusaha dalam negeri yang memiliki dana besar dan beretika baik. "Saya maunya pengusaha lokal, bukan pihak asinglah yang mengambil itu," tegas Dahlan, Rabu (7/3/2012).

Dahlan mengakui sudah ada tiga hingga empat perusahaan asing yang berminat membeli saham GIAA. Menurutnya, perusahaan asing itu berasal dari Hongkong dan Singapura. "Tapi lebih baik pengusaha lokal-lah, tapi sampai saat ini belum ada yang mengajukan sih," tegasnya.

Dahlan berharap saham Garuda yang dipegang oleh tiga penjamin emisi itu segera terjual. Dia beralasan, penjualan ini akan meringankan beban penjamin emisi dari membayar bunga setiap bulan. Sebab, ketiga penjamin emisi tersebut mengambil sisa saham Garuda melalui skema pinjaman.

Saking ngebetnya, Dahlan tak mempermasalahkan penjualan saham GIAA itu di bawah harga pasar. "Lebih baik rugi sedikit daripada rugi banyak," ujar Dahlan.

Sekadar menyegarkan ingatan, tiga penjamin emisi terpaksa menyerap saham Garuda lantaran saat penawaran saham perdana tidak terserap pasar. Ketiga penjamin emisi itu yakni PT Bahana Securities, Danareksa Sekuritas, dan Mandiri Sekuritas. Total saham Garuda milik tiga penjamin itu sekitar 3,008 miliar. (Anna Suci Perwatasari/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com