Sony: Lagu Michael Jackson Dicolong "Hacker"

Kompas.com - 07/03/2012, 18:01 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Perusahaan musik Sony mengonfirmasi bahwa mereka kecolongan oleh hacker yang mencuri lagu-lagu dalam database Sony. Karya dari bintang pop legendaris Michael Jackson menjadi incaran para hacker.

Hacker telah mencuri katalog rekaman lagu back track, yang berjumlah 50.000 track, milik musisi yang dijuluki "The King of Pop" itu. Kebanyakan dari lagu tersebut belum dirilis oleh Sony.

Serangan pencurian file Jackson dilakukan tak lama setelah Sony kehilangan data PlayStation Network tahun lalu. Namun, Sony baru membuat pengumuman resmi tersebut pada awal Maret 2012.

Hal ini diketahui Sony setelah mereka memantau forum hacker, jaringan sosial, dan situs penggemar Jackson.

Jackson meninggal pada 25 Juni 2009 di usia 50 tahun. Pada Maret 2010, Sony membayar 395 juta dollar AS untuk hak atas lagu tujuh tahun pascakematian Jackson. Kontrak ini memungkinkan Sony merilis 10 album baru Jackson.

Diduga, para hacker juga mencuri data karya musisi lain yang berada di bawah payung Sony, seperti Jimi Hendrix, Paul Simon, Olly Murs, Foo Fighters, dan Avril Lavigne.

Sampai sekarang, belum ada indikasi lagu-lagu yang dicuri itu sudah beredar di internet.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X