Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi iPad yang Membuat Karyawan Tak Bisa "Sembunyi"

Kompas.com - 08/03/2012, 18:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Avaya, penyedia solusi dan layanan komunikasi dan kolaborasi bisnis global, meluncurkan aplikasi Avaya Flare Communicator for iPad. Aplikasi ini membuat karyawan tak bisa "sembunyi" dari perusahaan karena perangkat bergeraknya selalu terhubung dengan jaringan perusahaan.

Untuk bisa memanfaatkannya, sebelum karyawan menginstal aplikasi ini di iPad mereka, perusahaan harus terlebih dahulu berlangganan Avaya Aura. Yaitu multiple service dalam satu box yang membantu perusahaan membangun komunikasi yang tangkas.

"Avaya akan membangun sistem komunikasi Avaya Aura untuk perusahaan, yang dipasang di atas infrastruktur PABX yang sudah eksis.  Ini menjadi semacam server  cloud untuk menempatkan beragam aplikasi, salah satunya aplikasi Avaya Communicator for iPad," jelas Kevin Lee, UC Business Development Avaya Asia Pacific, dalam media briefing Avaya di hotel Shangri La Jakarta, Kamis (8/3/2012).

Di dalam Avaya Aura ada Avaya Ace, yakni paket aplikasi semacam IT toolkit yang open platform untuk memudahkan komunikasi dalam lingkungan perusahaan, tidak hanya di kantor, tapi di mana saja dan kapan saja.

"Perusahaan akan bisa mengetahui di mana kita berada dan kapan kita bisa dihubungi. Jadi karyawan tidak bisa sembunyi," ujar Endang Rachmawaty, Country Manager Avaya Indonesia.

Aplikasi Avaya Flare Communicator for iPad didukung oleh arsitektur "unified communications" Avaya Aura yang terintegrasi dalam berbagai perangkat tetap dan bergerak. Aplikasi ini bisa diunduh dari Apple App Store dan memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Phone Call - bisa melakukan telepon dengan karyawan lain dalam jaringan perusahaan dengan jaringan PABX yang sudah ada, sehingga fungsinya seperti extention pada jaringan telepon. Perusahaan di Singapura bisa menelepon karyawan di Indonesia, atau di negara lain.
  2. Chatting - Karyawan bisa menggunakan semua aplikasi Instant Messaging yang dimilikinya seperti YM dan Google Talk yang terintegrasi dengan aplikasi ini.
  3. Migrasi Contact - Semua kontak yang terdapat di Microsoft Outlook bisa dipindahkan ke aplikasi ini sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk memiliki daftar kontak.
  4. Mobile Sales - Transaksi, laporan penjualan, dan informasi lainnya bisa dengan mudah disimpan dan dibagikan ke semua karyawan dalam satu langkah. Semua karyawan yang terhubung dalam aplikasi ini akan mendapatkan notifikasi setiap kali ada informasi baru yang dibagikan.


Aplikasi ini bisa diakses dengan menggunakan jaringan Wi-FI dan 3G untuk karyawan yang jarang berada di kantor dan memanfaatkan perangkat bergerak untuk aktivitas bisnis. Aplikasi ini dalam waktu dekat akan tersedia untuk sistem operasi Windows.

"Yang pasti, kami ingin memiliki aplikasi yang bisa support untuk semua platform. Kami mulai dengan iPad, karena pertumbuhan pengguna iPad terutama di kalangan pebisnis cukup tinggi," tutup Endang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com