Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virtualisasi Data Center, Agar Kantor Cabang Bank Tak Pernah Tutup

Kompas.com - 08/03/2012, 18:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua perusahaan perbankan harus mengirimkan berkas core banking berukuran besar melalui jaringan untuk setiap cabang setiap malam.

Hal ini dilakukan agar semua kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, bisa beroperasi setiap pagi. Jika terdapat gangguan dalam pengiriman data ini, maka kantor cabang terpaksa tutup hingga data tersebut.

Hal ini pernah dialami oleh Bank OCBC NISP. Pengiriman data yang cukup besar tersebut membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

"Ketika listrik mati, atau jaringan putus, data tersendat dan crash.  Itu yang terjadi saat menggunakan server fisik. Kantor cabang terpaksa tutup esok harinya karena data tidak terkirim," ungkap Filipus Suwarno, IT Division Head Bank OCBC NISP dalam media briefing di hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (8/3/2012).

Suwarno menambahkan, setelah migrasi ke virtualisasi data center, pengiriman data hanya butuh waktu 30 menit dan kantor cabang serta kantor-kantor OCBC NISP lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia, tak pernah tutup lagi.

Berkantor pusat di Jakarta, Bank OCBC NISP memiliki 49 kantor cabang, tiga cabang syariah, 260 kantor cabang pembantu, 28 kantor kas, 12 poin pembayaran, dan 60 kantor mikro, sehingga total memiliki 413 kantor yang didukung dengan 5800 staf.

Migrasi Virtualisasi Bersama VMWare

VMWare mengumumkan bahwa PT. Bank OCBC NISP telah memanfaatkan virtualisasi bersama VMWare untuk membangun infrastruktur data center.

"VMWare mendapat kehormatan untuk menjadi mitra teknologi strategis OCBC NISP untuk dapat membantu membawa bisnis mereka ke jenjang yang lebih tinggi dalam hal efisiensi dan keandalan TI melalui pemanfaatan model IT as a services," ungkap Andreas Kagawa, Country Manager VMWare Indonesia.

OCBC NISP telah memasang VMWare vSphere pada 144 server fisik yang didistribusikan di 10 casis Blade yang terhubung ke storage area network. Sebelum virtualisasi, server fisik ini berjumlah 700 server.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com