Goyang Dominasi Android, Nokia Siapkan Ponsel Murah

Kompas.com - 09/03/2012, 10:56 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Perusahaan ponsel asal Finlandia, Nokia, menyadari bahwa mereka telah tertinggal cukup jauh dari kompetitornya, Google dengan Android-nya dan Apple dengan iPhone-nya.

Untuk mengejar ketertinggalan ini, salah satu strategi Nokia adalah merilis dan menggenjot penjualan feature phone dan smartphone Windows Phone dengan harga yang murah.

Demikian pernyataan dari Nokia yang terangkum dalam laporan tahunan yang dirilis pada Kamis (8/3/2012)

Dengan mengejar segmen di kelas menengah ini berarti Nokia akan berhadapan langsung dengan ponsel-ponsel Android yang dibanderol murah. Pasar dan volume segmen feature phone dan smartphone murah ini memang sangat besar.

Ponsel dengan sistem operasi Android memang telah menyerbu pasar smartphone dalam beberapa tahun ini. Pada kuartal terakhir 2011, lebih dari 50 persen dari semua smartphone yang terjual tercatat menggunakan sistem operasi buatan Google tersebut.

Nokia tahun lalu memutuskan menggunakan Windows Phone sebagai sistem operasi untuk produk smartphone-nya. Penjualan ponsel Nokia dengan Windows Phone ini ternyata tak sesuai harapan karena harga yang mahal.

Untuk itu, pada ajang MWC 2012 di Barcelona bulan lalu, Nokia merilis Nokia Lumia 610 yang menjadi ponsel Windows Phone termurah dengan harga sekitar Rp 2,3 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.