Usaha Intel Menggairahkan Pasar Netbook

Kompas.com - 09/03/2012, 15:46 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar netbook yang sekitar dua tahun yang lalu sempat berjaya, kini bisa dibilang lesu. Pangsa pasarnya tergerus oleh komputer tablet.

Produsen prosesor Intel sebagai salah satu pihak yang paling berkepentingan mencoba membangkitkan kembali netbook dengan membekalinya beberapa fitur baru yang mendukung mobilitas.

 
Mulai awal 2012 ini, akan dipasarkan netbook yang dibekali prosesor Intel Atom baru dengan kode nama "Cedar Trail".
 
Ini merupakan prosesor dual core yang dikeluarkan Intel dalam 2 seri, yakni Atom N2600 dan N2800. Keduanya terintegrasi dengan Intel Graphics Media Accelerator 3600/3650.

Pihak Intel mengklaim, media engine dalam prosesor tersebut dapat meningkatkan kinerja grafis dua kali lipat dibanding generasi sebelumnya.

 
Menurut Arya Sanjaya, Business Development Manager Intel Indonesia, prosesor ini juga memberikan daya tahan baterai hingga 10 jam, atau mengurangi konsumsi hingga 20 persen.
 
"Prosesor ini low voltage, sehingga konsumsi baterainya lebih hemat," tegas Arya di Jakarta, Kamis (8/3/2012).
 
Hingga saat ini, netbook berbasis Intel Atom Cedar Trail ini belum terlalu banyak masuk ke Indonesia. Ke depan, beberapa vendor akan menggunakan prosesor ini di netbook keluarannya. Vendor-vendor itu antara lain Acer, Asus, HP, Lenovo, Samsung dan Toshiba.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.