Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usaha Intel Menggairahkan Pasar Netbook

Kompas.com - 09/03/2012, 15:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar netbook yang sekitar dua tahun yang lalu sempat berjaya, kini bisa dibilang lesu. Pangsa pasarnya tergerus oleh komputer tablet.

Produsen prosesor Intel sebagai salah satu pihak yang paling berkepentingan mencoba membangkitkan kembali netbook dengan membekalinya beberapa fitur baru yang mendukung mobilitas.

 
Mulai awal 2012 ini, akan dipasarkan netbook yang dibekali prosesor Intel Atom baru dengan kode nama "Cedar Trail".
 
Ini merupakan prosesor dual core yang dikeluarkan Intel dalam 2 seri, yakni Atom N2600 dan N2800. Keduanya terintegrasi dengan Intel Graphics Media Accelerator 3600/3650.

Pihak Intel mengklaim, media engine dalam prosesor tersebut dapat meningkatkan kinerja grafis dua kali lipat dibanding generasi sebelumnya.

 
Menurut Arya Sanjaya, Business Development Manager Intel Indonesia, prosesor ini juga memberikan daya tahan baterai hingga 10 jam, atau mengurangi konsumsi hingga 20 persen.
 
"Prosesor ini low voltage, sehingga konsumsi baterainya lebih hemat," tegas Arya di Jakarta, Kamis (8/3/2012).
 
Hingga saat ini, netbook berbasis Intel Atom Cedar Trail ini belum terlalu banyak masuk ke Indonesia. Ke depan, beberapa vendor akan menggunakan prosesor ini di netbook keluarannya. Vendor-vendor itu antara lain Acer, Asus, HP, Lenovo, Samsung dan Toshiba.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com