Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan BBM untuk Jaga Kesehatan APBN

Kompas.com - 09/03/2012, 23:33 WIB
Ilham Khoiri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Demokrat bisa memahami rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), akibat harga minyak dunia terus meroket. Kebijakan itu terpaksa diambil untuk menjaga kesehatan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), stabilitas perekonomian nasional, dan keberlangsungan program pembangunan.

Demikian disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dalam jumpa pers di kantor DPP Partai Demokrat di Jakarta, Jumat (9/3/2012).

Anas menjelaskan, kenaikan BBM tentu akan berdampak pada kehidupan perekonomian. Untuk itu, Partai Demokrat mendukung upaya pemerintah untuk membuat program-program bantuan bagi rakyat miskin, seperti bantuan langsung tunai (BLT), beras miskin (raskin), bantuan transportasi, dan beasiswa pendidikan untuk anak miskin.

"Program-program bantuan untuk rakyat itu masuk akal dan harus diambil agar rakyat miskin yang terkena dampak langsung kenaikan BBM bisa menjalankan aktivitas dan kerjanya dengan baik. Tak masuk akal, jika program-program bantuan itu dipersoalkan, bahkan ditolak," katanya.

Partai Demokrat siap berjuang agar program-program yang membantu rakyat miskin itu betul-betul terlaksana dengan baik. Itu dilakukan di pemerintahan dan di DPR. "Program bantuan untuk rakyat itu wajib, harga mati, dan tak bisa ditawar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com