Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nvidia Ingin Buktikan Sesumbar Apple

Kompas.com - 10/03/2012, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Dalam acara peluncuran iPad generasi ketiga hari Rabu (7/3/2012) di San Francisco, Apple sesumbar kemampuan grafis prosesor A5X pada iPad generasi ketiga lebih cepat empat kali lipat dibanding Tegra 3 besutan Nvidia.

Apple bahkan mengklaim, prosesor A5X secara keseluruhan, lebih cepat dua kali lipat dari Tegra 3. Tegra 3 sendiri kini telah digunakan oleh Asus dan Lenovo untuk produk tablet Android anyar mereka.

Juru bicara Nvidia Ken Brown mengatakan, pihaknya cukup bangga karena Nvidia dibawa-bawa dalam acara Apple. Namun, klaim kinerja prosesor itu tidak cukup kuat karena tidak ada banyak data.

"Kami tidak memiliki informasi uji benchmark," kata Brown.

Ia mempertanyakan aplikasi apa yang digunakan Apple, sehingga mengklaim A5X jauh lebih cepat dari Tegra 3.

“Kami perlu mengetahui aplikasi apa yang digunakan untuk uji benchmark. Berapa aplikasi yang digunakan, hanya satu atau bermacam aplikasi? Driver apa yang digunakan?" tegas Brown.

Ia seakan ingin menjelaskan bahwa ada banyak hal yang harus dibuktikan dalam uji benchmark.

Ketika nanti iPad generasi ketiga resmi dipasarkan pada 16 Maret mendatang, Nvidia akan membelinya untuk melakukan penelitian dan menguji klaim Apple atas prosesor. "Skor akan menjelaskan bagaimana performa yang sebenarnya," tutup Brown.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com