Rumor: Instagram Akan Bernilai 500 Juta Dollar AS

Kompas.com - 10/03/2012, 09:22 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Instagram, layanan editing dan berbagi foto di iPhone, iPad, dan iPod Touch berpeluang mendapatkan investasi baru. Investasi ini diperkirakan akan meningkatkan nilai perusahaan hingga 500 juta dollar AS.

Chief Executive Instagram, Kevin Systrom, masih enggan memberikan konfirmasi seputar spekulasi investasi tersebut. 

Investasi-investasi yang diterima Instagram selama ini telah menaikkan nilai perusahaan ini secara bertahap. Valuasi 500 juta dollar AS itu menunjukkan kenaikan 20 kali lipat dari 2011.

Pada awal 2011, Instagram mendapatkan 7 juta dollar AS dari Benchmark Capital, Baseline Ventures dan Andreessen Horowitz yang membuat perusahaan ini bernilai 25 juta dollar AS.

Instagram dikabarkan sedang menargetkan jumlah investasi hingga 40 juta dollar AS hingga membuat nilai perusahaan naik menjadi 500 juta dollar AS.

Sebagai perbandingan, Foursquare, jejaring sosial berbasis lokasi telah mengumpulkan jumlah investasi sekitar 50 juta dollar AS yang membuat nilai perusahaan ini naik menjadi 600 juta dollar AS.

Flipboard juga mendapat investasi sebesar 50 juta dollar AS hingga nilai perusahaan bernilai 200 juta dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Instagram merupakan startup yang didirikan pada 2010 oleh mahasiswa Universitas Stanford, Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Aplikasi yang hanya tersedia untuk iPhone, iPad, dan iPod Touch ini memang memiliki segmen konsumen yang terbatas. Namun, pertumbuhannya terus meningkat pesat.

Pengguna Instagram mencakup para pesohor seperti Barack Obama, Justin Bieber, Tony Hawk, Zooey Deschanel, dan Snoop Dogg.

Bahkan, Instagram juga digunakan oleh pebisnis fashion seperti The Ann Taylor clothing chain, Urban Outfitters Inc, dan fashion label Marc Jacobs.

Instagram telah "dinobatkan" Apple sebagai aplikasi iPhone of the Year di 2011.

Versi Android dari Instagram dikatakan sedang dikembangkan, namun tanggal rilis resminya masih dirahasiakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.