Rumor: Instagram Akan Bernilai 500 Juta Dollar AS

Kompas.com - 10/03/2012, 09:22 WIB

KOMPAS.com - Instagram, layanan editing dan berbagi foto di iPhone, iPad, dan iPod Touch berpeluang mendapatkan investasi baru. Investasi ini diperkirakan akan meningkatkan nilai perusahaan hingga 500 juta dollar AS.

Chief Executive Instagram, Kevin Systrom, masih enggan memberikan konfirmasi seputar spekulasi investasi tersebut. 

Investasi-investasi yang diterima Instagram selama ini telah menaikkan nilai perusahaan ini secara bertahap. Valuasi 500 juta dollar AS itu menunjukkan kenaikan 20 kali lipat dari 2011.

Pada awal 2011, Instagram mendapatkan 7 juta dollar AS dari Benchmark Capital, Baseline Ventures dan Andreessen Horowitz yang membuat perusahaan ini bernilai 25 juta dollar AS.

Instagram dikabarkan sedang menargetkan jumlah investasi hingga 40 juta dollar AS hingga membuat nilai perusahaan naik menjadi 500 juta dollar AS.

Sebagai perbandingan, Foursquare, jejaring sosial berbasis lokasi telah mengumpulkan jumlah investasi sekitar 50 juta dollar AS yang membuat nilai perusahaan ini naik menjadi 600 juta dollar AS.

Flipboard juga mendapat investasi sebesar 50 juta dollar AS hingga nilai perusahaan bernilai 200 juta dollar AS.

Instagram merupakan startup yang didirikan pada 2010 oleh mahasiswa Universitas Stanford, Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Aplikasi yang hanya tersedia untuk iPhone, iPad, dan iPod Touch ini memang memiliki segmen konsumen yang terbatas. Namun, pertumbuhannya terus meningkat pesat.

Pengguna Instagram mencakup para pesohor seperti Barack Obama, Justin Bieber, Tony Hawk, Zooey Deschanel, dan Snoop Dogg.

Bahkan, Instagram juga digunakan oleh pebisnis fashion seperti The Ann Taylor clothing chain, Urban Outfitters Inc, dan fashion label Marc Jacobs.

Instagram telah "dinobatkan" Apple sebagai aplikasi iPhone of the Year di 2011.

Versi Android dari Instagram dikatakan sedang dikembangkan, namun tanggal rilis resminya masih dirahasiakan.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorWicaksono Surya Hidayat
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Close Ads X