Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Lepas dari Facebook, Zynga Bikin Portal Game

Kompas.com - 12/03/2012, 07:18 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan game Zynga mengajak tiga studio game Jepang untuk membuat game untuk portal game baru mereka. Hal itu untuk mengurangi ketergantungan Zynga terhadap Facebook yang selama ini menjadi tempat "nebeng" jualan game.

Konami Corp yang berbasis di Jepang menjadi perusahaan game pertama yang akan diajak bergabung dengan Zynga dalam membuat game terbaru. Pasalnya, Konami sendiri juga sedang mencari mitra untuk bisa menerbitkan game-nya.

Selama ini, Zynga lebih sering menjual permainannya melalui situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut. Game buatan Zynga, seperti CityVille, CastleVille,Texas HoldEm Poker, FarmVille, dan Empires & Allie sangat sering dimainkan pengguna Facebook.

Namun, Zynga khawatir bila ada negara-negara yang melarang penggunaan Facebook atau konten-konten dari Facebook, ini akan membuat pendapatan Zynga akan berkurang.

Untuk mengurangi ketergantungan tersebut, Zynga membuat portal game, Zynga.com. Nantinya portal tersebut akan bisa digunakan untuk bermain game online dengan akun khusus, tak perlu menggunakan akun Facebook lagi.

Rob Dyer, Head of Partner Publishing Zynga pada saat Game Developers Conference di San Fransisco pada Kamis (8/3/2012) menjelaskan bahwa Konami memang sedang mengerjakan sebuah game baru yang akan dipublikasikan di Zynga.com di masa mendatang.

"Kami berkomitmen untuk membuat tempat terbaik bagi game sosial, baik bagi penggemar game maupun developer," kata Dyer.

Playdemic, sebuah perusahaan game yang lainnya ini juga akan membuat game sosial "Gourmet Ranch" dan Crosswrod Buddies" ke platform Zynga.

Begitu juga dengan perusahaan game Rebellion yang akan membuat game sosial baru untuk Zynga, meski belum bisa disebut nama game terbarunya.

Nantinya, situs Zynga.com akan didesain ulang untuk memudahkan pengguna dalam memainkan game secara cepat.

Selain itu, situs ini juga akan menawarkan fitur-fitur permainan yang selama ini tidak ada di Facebook, seperti akses untuk bertatap muka secara online (web conference) maupun message board sebagai tempat bertanya-tanya antar penggemar game.

Kendati demikian, game Zynga di Facebook juga akan dipertahankan. Di sini pengguna hanya langsung masuk melalui ID Facebook masing-masing, menggunakan Facebook Credits, sistem pembayaran jaringan sosial bahkan bisa berjualan secara virtual baik rumah, traktir, kostum dan barang-barang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com