Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Tak Izinkan Tablet Windows 8 Memuat OS Lain

Kompas.com - 13/03/2012, 07:26 WIB

KOMPAS.com - Microsoft saat ini tengah menggarap sistem operasi Windows 8 untuk perangkat mobile, tablet atau smartphone, yang menggunakan prosesor berarsitektur ARM. Microsoft berencana menjadikan perangkat mobile Windows 8 ini tidak bisa memuat OS lainnya.

Dalam dokumen Windows 8 Hardware Certification Requirements, perusahaan software raksasa ini menyatakan bahwa pada sistem ARM di tablet ataupun smartphone Windows 8, pengguna dilarang mengaktifkan Custom Mode, hanya Standard Mode yang dapat diaktifkan.

Ini berarti, perangkat mobile berbasis Windows 8 tidak diizinkan menjalankan OS lain di luar Windows 8. Microsoft menegaskan, vendor tablet atau smartphone yang hendak mengadopsi Windows 8, harus menerapkan secure boot yang berguna untuk mengunci bootloader.

Nah, secure boot inilah yang mencegah instalasi bootloader sistem operasi lain di perangkat mobile Windows 8.

Bagi pengguna yang suka ngoprek perangkatnya, ini tentu bukan kabar yang menyenangkan. Microsoft mengklaim, ini dilakukan untuk menjaga keamanan pengguna dari serangan malware pihak luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com