Curahan Hati Perakit iPad dan iPhone

Kompas.com - 13/03/2012, 08:08 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - iPhone dan iPad saat ini menjadi produk unggulan bagi Apple. Tak heran jika perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini meningkatkan produksi kedua perangkat tersebut.

Meski keduanya menjadi andalan, namun Apple bisa dibilang menaruh harapan lebih pada iPhone.

Seiring dengan tingginya permintaan iPhone, Apple pun meminta Foxconn, perusahaan pemanufaktur produk Apple, untuk meningkatkan produksi iPhone agar dapat dikirim tepat waktu.

Li Qi (bukan nama sebenarnya), seorang pekerja Foxconn yang bekerja di lini produksi iPhone, menceritakan keluh kesahnya bekerja merakit iPhone.

Baginya, merakit iPhone jauh lebih melelahkan dibandingkan iPad. Kebetulan, Qi pernah terlibat dalam lini produksi iPad 2 dan iPhone 4S.

Di dalam pabrik, para pekerja sehari-hari merakit, memeriksa dan menguji iPad. Merekalah yang memasang tombol (home, volume, power) serta memastikan semua perangkat Apple berjalan dengan baik.

Mereka tidak diizinkan untuk bicara selama bekerja, agar tidak mengulur-ulur waktu.

Lini produksi iPhone 4S
Li Qi pada mulanya bekerja untuk lini produksi iPad. Pada bulan Mei 2011, Qi dipindahkan ke lini produksi iPhone 4S. Alasannya, Foxconn diminta oleh Apple untuk menggenjot volume produksi iPhone yang begitu banyak diminati di pasar global.

Qi sangat senang ketika pertama kali melihat dan menjajal iPhone 4S. Menurutnya, iPhone 4S adalah smartphone tercanggih saat ini.

"Pertama kali kontak dengan iPhone 4S, saya langsung setuju ini benar-benar smartphone terbaik di dunia, baik hardware maupun software-nya," tulis Qi dalam buku hariannya.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.