Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Minta Lima Taipan Tampung Saham Garuda

Kompas.com - 13/03/2012, 11:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai komandan tertinggi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Dahlan Iskan benar-benar ingin menyelamatkan ketiga perusahaan sekuritas yang menjadi penjamin emisi (underwriter) penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) PT Garuda Indonesia Airways (Persero) Tbk.

Dahlan mengatakan, dia telah menghubungi lima pengusaha dalam negeri untuk membantu menyerap saham Garuda Indonesia, yang kini menjadi beban ketiga perusahaan sekuritas, yakni PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas.

Kelima pengusaha yang diminta Dahlan itu adalah salah satu anggota keluarga Bakrie, Nirwan Bakrie; pemilik PT Panasonic Indonesia, Rachmat Gobel; pemilik Recapital Group, Sandiaga Uno; pemilik Trans Corp, Chairul Tanjung; dan pemilik Grup Indofood, Anthony Salim.

Dahlan mengatakan telah menghubungi kelima pengusaha tersebut lewat layanan pesan singkat. "Berminatkah grup Anda membeli saham Garuda yang dikuasai tiga sekuritas BUMN dengan harga pasar saat ini?" tanya Dahlan dalam pesan singkatnya kepada para pengusaha tersebut dua hari lalu.

Namun dari lima, baru tiga pengusaha yang menanggapi. Mereka adalah Sandiaga Uno, Rachmat Gobel, dan Chairul Tanjung. "Tapi tanggapannya masih umum-umum saja," kata Dahlan ketika ditemui wartawan di Kementerian BUMN, Senin (12/3/2012).

Saat ini tercatat sekitar 3,008 miliar saham berkode GIAA atau setara dengan 12 persen kepemilikan yang masih menjadi tanggungan tiga underwriter IPO Garuda. Yang jelas, ini bukan pertama kalinya Dahlan berusaha mencari investor yang mau menyerap saham GIAA dari ketiga underwriter itu. Sebelumnya, Dahlan mengizinkan mekanisme pelepasan saham melibatkan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA).

Sumber KONTAN pernah mengatakan, salah satu skema pelepasan itu melalui domestic structure. Maksudnya, akan ada satu fund, sementara namanya Falcon Fund atau Falcon Airlines. Institusi ini yang akan membeli sebagian saham Garuda dari Bahana Securities, Danareksa Sekuritas, dan Mandiri Sekuritas di harga Rp 500 per saham. Falcon Airlines menyiapkan dana Rp 1 triliun-Rp 1,5 triliun untuk menguasai sebagian saham milik tiga underwriter itu. (Bernadette Christina Munthe/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com