Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ZTE "Rajin" Daftarkan Paten

Kompas.com - 13/03/2012, 18:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan, ZTE Corporation sangat fokus kepada perlindungan hak paten.

Di negara asalnya, China, ZTE menduduki peringkat pertama dalam hal pendaftaran paten PCT pada tahun 2011. Tak hanya di China, ZTE juga mendaftarkan paten di negara-negara lain, termasuk di Indonesia.

"Indonesia merupakan pasar potensial yang terus berkembang. Untuk menjaga kompetisi yang sehat dengan para kompetitor di Indonesia, ZTE fokus memperjuangkan intelectual property di Indonesia," ungkap Wang Haibo, Wakil Presiden Senior untuk urusan Hukum dan Legalitas ZTE, dalam teleconference di kantor ZTE Indonesia, Selasa (13/3/2012).

"Paten merupakan strategi global kami, dan khusus di Indonesia, ada empat hal yang kami prioritaskan," tambah Wang Haibo.

Empat fokus paten ZTE yang dimaksud Haibo adalah:

  1. Teknologi 4G/LTE (yang telah terdaftar sekitar puluhan paten)
  2. Terminal untuk smartphone
  3. Cloud Computing
  4. Merek dagang

Paten-paten ini telah digunakan ZTE untuk mengembangkan dua layanan, yakni :
- Infrastruktur
Dalam hal infrastruktur, ZTE telah membangun BTS (beserta radionya), Fiber Optic, dan terminal smartphone yang mendukung jaringan.

- Produk
Produk yang telah diproduksi oleh ZTE adalah mobile broadband, feature phone, smartphone, dan tablet.

Ke depan, khusus untuk Indonesia, paten-paten ini akan difokuskan untuk mengembangkan teknologi 4G/LTE dan layanan cloud computing.

Untuk layanan cloud computing sendiri, sudah mulai dikembangkan ZTE di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Namun 4G/LTE, masih tersendat.

"Untuk Indonesia, infrastruktur 4G dan LTE telah siap, hanya saja masih menunggu regulasi dari pemerintah Indonesia untuk penerapan teknologi ini. Untuk sementara kami terus mendaftarkan paten-paten ini di Indonesia, agar di saat regulasinya siap, teknologi kami dapat langsung digunakan," tambah Haibo.

Secara global, ZTE telah memiliki 110 ribu hak paten lokal dan internasional, serta 2.826 paten aplikasi yang didaftarkan pada PCT (Patent Cooperation Treaty).

PCT merupakan sistem pendaftaran paten yang memfasilitasi perusahaan untuk mendaftarkan satu paten yang bisa digunakan di berbagai negara sekaligus.

Di China, ZTE merupakan perusahaan yang menduduki posisi pertama dalam hal pendaftaran paten PCT pada tahun 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com