Datascrip Hadirkan Kolaborasi Kamera CCTV dan Internet

Kompas.com - 14/03/2012, 18:28 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamera CCTV analog selama ini hanya terhubung dengan menggunakan kabel antara kamera dengan komputer, sehingga hanya bisa dikontrol dari satu gedung yang sama.

Padahal, sebuah perusahaan bisa saja memiliki ruangan atau gedung di kota, bahkan negara yang berbeda. Untuk mengantisipasi hal ini, teknologi berbasis IP (internet protocol) bisa menjadi solusi.

Hal ini disampaikan Richardus Eko Indrajit, Pimpinan Indonesia Security Incidents Response on Internet Infrastructure (ISIRII).

"Pada dasarnya teknologi IP digunakan agar satu komputer dengan komputer lainnya bisa berinteraksi. IP Address itu fungsinya mirip dengan nomor ponsel, agar ponsel satu dengan lainnya bisa saling berhubungan," jelas Richardus dalam jumpa pers di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (14/3/2012).

"Begitupun komputer. Setiap komputer punya IP sendiri agar mudah dihubungi komputer lain. Kali ini, teknologi IP digunakan untuk sistem kamera CCTV," tambahnya.

Richardus menambahkan, penggunaan teknologi berbasis IP pada kamera CCTV bisa memudahkan perusahaan untuk mengontrol kantor cabang di berbagai kota, bahkan berbagai negara.

"Perusahaan teknologi di Malaysia misalnya, bisa mengontrol kantor cabang di Indonesia dengan menggunakan sistem CCTV berbasis IP ini," tambahnya.

Perangkat lunak pendukung
Untuk mendukung teknologi kamera CCTV berbasis IP, Datascrip kini memasarkan perangkat lunak central monitoring pada video surveillance system yaitu Intelligent Video Management System (IVMS).

Perangkat lunak IVMS berguna untuk mengontrol informasi yang ditransmisikan secara elektronik oleh kamera CCTV berbasis teknologi IP.

Selain untuk remote view dan playback, IVMS memungkinkan teknisi TI mengkonfigurasi parameter, upgrade firmware, menangani informasi alarm, mengatur NVR (Network Video Recorder) untuk merekam dan stream media server untuk transmisi dari jarak jauh.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.