Cetak 244 Tahun, Ensiklopedia Inggris Beralih ke Versi Digital

Kompas.com - 15/03/2012, 09:44 WIB

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi internet kian menggeser eksistensi media dalam bentuk cetak.

Kini giliran ensiklopedia berbahasa Inggris tertua di dunia berumur 244 tahun, yang memutuskan untuk meninggalkan versi cetak, untuk sepenuhnya beralih ke versi digital.

Adalah Encyclopaedia Brittanica, yang pertama kali diterbitkan di Edinburgh, Skotlandia pada 1768. Setelah mencapai volume 32, Encyclopaedia Brittanica akan menerbitkan produknya dalam versi digital, berupa aplikasi dan online, pada Selasa (13/3/2012).

"Britannica adalah salah satu perusahaan yang benar-benar merasakan dampak penuh dari teknologi. Sekitar dua puluh tahun lalu, kami telah beradaptasi untuk itu, meskipun sangat sulit sekali," kata Jorge Cauz, Presiden Encyclopaedia Brittanica Inc, seperti dikutip dari Reuters.

Brittanica mulai melirik penerbitan digital pada tahun 1970, lalu baru menerbitkan versi komputer pada 1981.

Cauz merasa perlu melakukan perubahan untuk fokus hanya pada ensiklopedia digital dan alat pendidikan.

"Perusahaan telah berubah dari yang awalnya penyedia referensi, menjadi penyedia solusi pembelajaran," kata Cauz.

Versi online ensiklopedia yang pertama kali diterbitkan pada 1994 hanya menyumbang 15% dari pendapatan Britannica. Sedangkan 85% lainnya didapat dari penjualan produk pendidikan, alat pembelajaran online, produk kurikulum, dan lainnya.

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorReza Wahyudi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X