Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RIM Pastikan PlayBook Kebagian OS BB10

Kompas.com - 17/03/2012, 08:30 WIB

KOMPAS.com — Research in Motion (RIM) mengonfirmasi bahwa tablet BlackBerry PlayBook akan mendapatkan OS BB10 pada akhir tahun nanti. Saat ini, sistem operasi yang dipakai adalah PlayBook OS berbasis QNX.

Pengguna PlayBook setidaknya akan merasa lega karena akan mendapatkan OS terbaru pada akhir tahun nanti.

Meski demikian, VP of Product Management RIM, Rob Orr, menjelaskan hingga saat ini RIM memang belum akan meluncurkan seri PlayBook terbaru.

"Kami mengatakan secara terbuka beberapa kali bahwa handset BB10 pertama akan tersedia menjelang akhir 2012, dan itu tetap sesuai jadwal. Setelah peluncuran, kami akan membawa BB10 ke PlayBook," kata Rob.

Berita ini muncul karena RIM memperoleh kenaikan dalam pengunduhan update software terbaru BlackBerry PlayBook 2.0 sejak 21 Februari lalu. PlayBook OS 2.0 ini menyempurnakan OS PlayBook generasi pertama.

RIM mengatakan sekitar 50 persen pengguna BlackBerry PlayBook meng-install update software PlayBook versi 2.0 di hari pertama rilis. Pasalnya, semua pengguna PlayBook telah mendapatkan e-mail tentang update OS tersebut.

"Ini sedikit berbeda dengan pengguna ponsel pintar kami yang sedikit tidak pasti jadwal update OS-nya," ungkapnya.

Sistem operasi generasi baru RIM ini akan kompatibel untuk perangkat tablet, smartphone, dan perangkat lainnya yang menggunakan sistem komputasi awan. BlackBerry 10 akan diperkuat dengan beragam fitur terkini, seperti HTML5 dan integrated platform service.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com