Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Google Nexus Bakal Pakai Snapdragon?

Kompas.com - 19/03/2012, 13:06 WIB

KOMPAS.com - Google dikabarkan bekerjasama dengan Asus untuk membuat tablet Nexus. Rumor terbaru menyatakan, ada beberapa perubahan rencana.

Sebelumnya, Google dikabarkan tertarik dengan Asus tablet 7 inci berharga 249 dollar AS buatan Asus  yang menggunakan prosesor quad core Nvidia Tegra 3. Tablet itu dipamerkan di ajang Consumer Electronics Show (CES) Las Vegas awal 2012.

Namun Androidandme mendapat informasi dari seorang karyawan senior di perusahaan rantai pasokan Amerika Serikat. Sumber tersebut menjelaskan bahwa Google menginginkan tablet Nexus dengan harga yang lebih murah.

Harga tablet Nexus yang diinginkan nantinya ada di kisaran 149-199 dollar AS. Ini lebih murah dibandingkan rumor sebelumnya di kisaran harga 199-249 dollar AS.

Akibatnya, beberapa perubahan pun direncanakan. Seperti, mengganti prosesor Nvidia Tegra 3 dengan prosesor yang lebih murah.

Google diyakini menggandeng Asus karena dikenal dekat dengan pihak Qualcomm. Kemungkinannya, Google akan memakai prosesor Snapdragon untuk tablet Nexus.

Harga yang lebih murah membuat Google bisa bersaing langsung dengan tablet Amazon Kindle Fire seharga 199 dollar AS.

Amazon sendiri bisa merilis tablet Kindle Fire dengan harga relatif murah karena memakai prosesor yang lebih rendah dari Tegra 3.

Amazon dulu sempat ingin memakai prosesor Tegra 2 di Kindle Fire, tapi ternyata Kindle Fire hanya diberikan prosesor Texas OMAP4.

Sejauh ini belum ada kabar resmi mengenai tablet yang konon akan bernama Google Nexus itu. Diharapkan, informasi akan muncul di ajang CTIA Wireless, Mei 2012.

Jika jadi, Google Nexus akan menjadi tablet bermerek Google pertama dengan sistem Android, sebelumnya perangkat Android bermerek Google hanya berupa ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com