Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Gelar Kompetisi Aplikasi Luar Angkasa di Indonesia

Kompas.com - 19/03/2012, 14:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan luar angkasa Amerika Serikat, NASA, bakal menggelar acara kompetisi membuat aplikasi luar angkasa yang diberi nama International Space Apps Challenge (ISAC) di Jakarta.

Acara hasil kerjasama dengan Kedutaan Besar AS dan situs DailySocial ini, bakal digelar selama 2 hari berturut-turut pada 21 sampai 22 April 2012 di dua tempat yang berbeda, yakni @america dan kantor DailySocial.

Kristen Painting dari NASA Open Government Initiative mengatakan, "Kami merasa beruntung untuk bekerja bersama dengan Kedutaan Besar AS, Direktorat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, @america dan DailySocial untuk membawa acara ini ke Indonesia.” Ia menambahkan, acara ini akan diadakan serempak di tujuh benua dan juga di angkasa.

Rama Mamuaya, CEO DailySocial juga mengungkapkan kebanggaannya karena DailySocial dipilih menjadi rekanan strategis acara ini. "Kami percaya bahwa respons dari komunitas developer lokal dan regional akan sangat besar sekali,” harap Rama.

ISAC merupakan acara kolaborasi akselerasi internasional yang berfokus pada pengembangan solusi inovatif untuk memecahkan masalah penting dari planet bumi. Seperti acara hackathon pada umumnya, peserta ISAC akan menginap di tempat yang telah ditentukan dan mengembangkan kode atau program sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

Peserta bisa mengikuti acara ini secara individu maupun tim. Proses coding-nya juga platform agnostic, di mana peserta bisa memilih platform yang diinginkan.

Solusi yang dikembangkan bisa berupa aplikasi mobile, desktop atau web. Dan setiap kode yang disusun akan dijadikan sebagai proyek open source.

Bagi Anda yang tertarik untuk bersama-sama semalam suntuk menyusun kode dan merasa bahwa memecahkan masalah adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan, bisa mendaftar lewat tautan ini: http://spaceappschallenge.org/register. Di sini Anda juga bisa mengetahui tantangan apa saja diberikan dalam ISAC tahun ini.

Sedangkan sumbar API NASA yang bersifat open source bisa mulai dipelajari lewat tautan ini http://code.nasa.gov/project/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com