Twitter, Sebuah Ruang "Ngobrol" Raksasa

Kompas.com - 21/03/2012, 10:25 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski situs jejaring sosial Twitter telah menyediakan fasilitas direct message untuk berbalas pesan pribadi, tetap saja banyak orang yang menulis pesan pribadinya di timeline. Hal ini membuat Twitter menjadi sebuah ruang ngobrol raksasa, secara anekdotal.

Menurut Roby Muhamad, pakar jejaring sosial yang juga peneliti psikologi dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, sebenarnya basis Twitter adalah jejaring informasi, tidak ada embel-embel pertemanan di sana.

 
"Karena kita mem-follow seseorang, maka basisnya adalah aliran informasi. Apa yang di-tweet sama orang itu, ya, kita baca, kalau perlu kita bagikan lagi dengan cara re-tweet," ujar Roby saat ditemui Kompas.com di Universitas Indonesia, beberapa waktu lalu.
 
Dewasa ini, banyak pengguna Twitter yang melaporkan aktivitas sehari-harinya dalam timeline. Ini telah menjadi fenomena yang kerap dilakukan di jejaring sosial lainnya dan tindakan macam ini sah-sah saja karena tidak ada larangan formal.
 
Namun, perlu diingat, lanjut Roby, menulis tweet itu sama dengan berbicara di depan mikrofon yang disambungkan ke delapan pengeras suara. "Ada ratusan bahkan ribuan orang yang akan membaca apa yang kita tulis," katanya.
 
Roby mengatakan, semua orang berusaha mengeksploitasi jejaring sosial untuk memopulerkan dirinya. Terlebih di Indonesia, orang cenderung lebih terbuka untuk bisa berteman dengan banyak orang.
 
"Dan karena jejaring sosial sifatnya rewarding yang menimbulkan kesenangan, kita harus mengontrol itu," ujar Roby.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.