Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 8 Diluncurkan Oktober

Kompas.com - 21/03/2012, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Jadwal peluncuran resmi Windows 8 tak pernah mau diungkap oleh Microsoft. Akibatnya, rumornya pun berkembang luas.

Kabar terakhir kemunculan sistem operasi Microsoft termutakhir ini dihembuskan oleh Bloomberg yang menyebutkan Microsoft akan meluncurkan Windows 8 pada Oktober mendatang.

Prediksi Bloomberg ini sepertinya benar, sejalan dengan beberapa vendor yang mengisyarakatkan kehadiran Windows 8. Seperti, Lenovo yang akan merilis tablet Windows 8 di bulan Oktober dan HP yang sedang menyiapkan perangkat buatannya yang berbasis Windows 8 untuk dirilis bulan Oktober juga.

Meski demikian, jadwal pastinya memang hanya diketahui pihak Microsoft. Mereka hanya mau menyebutkan Windows 8 akan dirilis pada kuartal IV-2012.

Bulan Februari lalu, Microsoft telah merilis Windows 8 versi Consumer Preview alias versi uji coba yang dapat digunakan secara gratis oleh publik.

Untuk Windows 8, Microsoft akan tetap menggandeng Intel dan ARM dalam ketersediaan perangkat chipnya. Khusus untuk arsitektur chip berbasis ARM dipilih Microsoft untuk digunakan di perangkat tablet.

Dengan Windows 8 di perangkat tablet, Microsoft ingin menunjukkan sistem operasi mereka siap bersaing dengan tablet Android dan iPad.

Namun, sebuah sumber menyebutkan, saat peluncuran perdana nanti, hanya ada lima perangkat berbasis ARM yang disiapkan, dibanding sekitar 40 perangkat Windows 8 berbasis Intel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com