Seagate Sudah Bisa Bikin Hard Disk 60 Terabyte

Kompas.com - 21/03/2012, 11:32 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Produsen hard disk Seagate mengumumkan bahwa mereka berhasil menemukan teknologi baru yang memungkinkan sebuah hard disk memiliki kapasitas 60 terabyte (TB).

Teknologi itu diberi nama Heat-Assisted Magnetic Recording (HAMR).

 
Seperti diketahui, sejak tahun 2006 kebanyakan hard disk menggunakan teknologi Perpendicular Magnetic Recording (PMR) untuk merekam data.

Kepadatan penyimpanan hard disk sekarang ini adalah 620 gigabyte (GB) per inci persegi. Hal ini membuat kapasitas hard disk yang tersedia saat ini hanya bisa mencapai 3TB untuk hard disk ukuran 3,5 inci (PC desktop) dan 750GB untuk hard disk 2,5 inci (laptop).

 
Nah, berkat teknologi HAMR yang ditemukan Seagate, mereka berhasil memuat kepadatan menjadi 1TB per inci persegi. Kepadatan tersebut 55% lebih banyak dibandingkan kepadatan sebelumnya.
 
Perusahaan yang bermarkas di Scotts Valley, California ini menjanjikan, generasi pertama dari hard disk HAMR akan menawarkan kapasitas 6TB untuk hard disk PC desktop, dan 2TB untuk hard disk laptop.
 
Prestasi kepadatan data ini akan terus dikembangkan dan pihak Seagate optimis perusahaannya bakal jadi yang pertama membuat media penyimpanan data berkapasitas 60TB, yang ditargetkan rilis pada dekade berikutnya.
 
Pihak Seagate menambahkan, teknologi HAMR akan menjadi teknologi penting di masa mendatang.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.