Gadget Bikin Pengguna Makin Gemar Lahap Berita

Kompas.com - 21/03/2012, 15:37 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Sebuah survei mengungkapkan, mereka yang menggunakan gadget seperti smartphone, tablet atau e-reader akan makin gemar mengikuti dan membaca berita.

Hal itu merupakan hasil survei tahunan yang dikeluarkan Pew Research Center. Survei ini menunjukkan, pengguna perangkat bergerak cenderung lebih sering melahap berita dibandingkan pengguna internet di PC.

Menariknya, pengguna perangkat bergerak di AS tidak menggunakan sosial media sebagai sumber rujukan berita. Hanya 9 persen responden yang mengaku mengikuti rekomendasi berita dari Facebook atau Twitter.

Lebih dari 33 persen responden lebih senang langsung mengunjungi situs-situs berita.  Sebanyak 32 persen lainnya mencari berita di mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Hampir 30 persen sisanya, memakai aplikasi atau situs pengorganisasi berita. Mungkin semacam Google Reader atau sejenisnya.

Kabar buruk bagi mereka yang masih mengandalkan media berbasis kertas. Pembaca koran disebut turun 4 persen di 2011, sedangkan majalah cenderung stagnan.

Dari sisi pendapatan, pendapatan iklan online naik 23 persen sedangkan majalah dan koran mengalami penurunan, masing-masing 6 persen dan 7 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan data itu, Pew Research Center memprediksi akan banyak media cetak mengarahkan pembacanya untuk membeli versi digital dari penerbitan mereka.

"Banyak perusahaan surat kabar telah kehilangan sejumlah besar pendapatan iklan mereka. Beberapa mungkin tidak bertahan hidup jika tidak disuntik dengan pendapatan digital," ungkap peneliti Pew Research dalam laporan tertulis mereka.

Survei ini merupakan survei tahunan yang digelar di AS dengan judul State of The News Media. Meski hanya meneliti responden di AS, hasil survei ini patut jadi rujukan di manapun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.