Aplikasi Gratis di "Smartphone" Bikin Baterai Boros

Kompas.com - 21/03/2012, 16:57 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Munculnya iklan di aplikasi gratisan pada perangkat Android bagi sebagian orang tidak menjadi masalah serius. Namun, bagaimana jika iklan pada aplikasi gratisan itu membuat baterai smartphone atau tablet jadi boros?
 
New Scientist melaporkan temuan Purdue University di Indiana, Amerika Serikat, bahwa banyak aplikasi gratis di Android dan Windows Phone yang membuat baterai cepat habis.

Penyebabnya adalah iklan dari pihak ketiga yang muncul saat aplikasi atau game gratis, seperti Angry Birds atau Facebook dimainkan/digunakan.

Mereka menggunakan tools khusus untuk mengujinya. Sayangnya, tools ini tidak dapat menguji aplikasi di iPhone karena pembatasan sistem yang dilakukan Apple.

 
Salah satu aplikasi yang diuji adalah game Angry Birds yang ditawarkan gratis.

Saat memainkan Angry Birds selama seharian, peneliti mencatat bahwa game ini sebenarnya hanya menyedot 20% dari total konsumsi daya.

Sisanya (80%) digunakan untuk keperluan iklan, seperti mengakses server dan mencari lokasi pengguna.

Bahkan, untuk pencarian lokasi pengguna memakan konsumsi energi sebesar 45%. Pencarian lokasi pengguna ini berguna untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan pengguna.

 
Chris McClelland, direktur perusahaan pengembang aplikasi Ecliptic Labs, mengaku tidak terkejut dengan temuan itu. "Iklan perlu terhubung ke server dan mengirimkan informasi tentang lokasi pengguna," jelas McClelland kepada BBC.
 
McClelland mengatakan, praktik tersebut sulit untuk dihindari jika pengguna perangkat Android tetap ingin menikmati aplikasi gratisan. Karena, iklan tersebut menyokong pendapatan pengembang aplikasi.
 
Ia pun berharap, pengembang aplikasi bisa menciptakan sebuah fitur baru agar perangkat Android lebih irit daya. 

Salah satu cara mengakali agar baterai perangkat Android tidak cepat habis, pengguna dapat mematikan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS ketika tidak sedang menggunakannya fitur-fitur tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, dengan mengurangi tingkat kecerahan layar dan tidak menggunakan wallpaper bergerak, juga mengurangi konsumsi baterai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.