Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi via "e-Money" Lebih Populer di Luar Jawa

Kompas.com - 22/03/2012, 13:10 WIB

KOMPAS.com - Layanan uang elektronik (e-money) via ponsel pertama di Indonesia, T-Cash, ternyata lebih populer digunakan di luar Jawa.
 
Sepanjang tahun 2011, Sumatera merupakan wilayah dengan jumlah transaksi T-Cash terbanyak yang memiliki nilai rata-rata harian transaksi sebesar Rp 6 juta dengan rata-rata 324 transaksi per hari.

Wilayah Sulawesi-Maluku-Papua ada di urutan berikutnya dengan nilai rata-rata harian transaksi sebesar Rp 3 juta dengan rata-rata 162 transaksi per hari.

Sementara Jabodetabek memiliki rata-rata harian transaksi Rp 1,8 juta dengan rata-rata 101 transaksi per hari.
 
T-Cash yang hingga kini telah digunakan oleh 8,2 juta pelanggan juga memiliki customer base terbesar di luar Jawa.

Sumatera merupakan wilayah dengan jumlah pelanggan T-Cash terbesar dengan capaian sekitar 32%, disusul wilayah Sulawesi-Maluku-Papua dengan 14%.

Untuk wilayah Jabodetabek, pelanggan Telkomsel yang sudah memanfaatkan layanan T-Cash mencapai 12%.
 
Head of Corporate Communications Division Telkomsel Ricardo Indra, menyatakan, tingginya animo dan kepercayaan masyarakat di luar Jawa terhadap layanan T-Cash menjadikan tantangan tersendiri bagi Telkomsel untuk secara cepat mengembangkan ekosistem layanan T-Cash ke berbagai penjuru daerah di Indonesia.

"Dengan demikian, kami berharap semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan T-Cash untuk solusi digital payment sehari-hari,” kata Indra dalam rilis tertulisnya.
 
Pelanggan Telkomsel di luar Jawa umumnya memanfaatkan T-Cash untuk beragam transaksi remote payment, di antaranya pengisian ulang pulsa prabayar, pembayaran tagihan listrik, dan transaksi pembayaran lain yang umumnya dilakukan melalui mesin ATM.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com