Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Primergy CX400, Server "Ready Cloud" dengan Pendingin Air

Kompas.com - 22/03/2012, 16:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fujitsu meluncurkan server Primergy CX400 Cloud Extension x86. Server tersebut diklaim sudah siap untuk teknologi cloud dan memiliki sistem pendingin berupa water cooling (pendingin melalui pipa-pipa air), bukan kipas.

Country Manager Platform Product Fujitsu Indonesia, Raymond Firdauzi menjelaskan server ini memiliki ukuran hanya separuh dari ruangan standar server rak. Sehingga pengguna bisa menghemat biaya, hemat energi dan mampu dioptimalkan untuk virtualisasi skala besar.

"Konsumen dari kalangan enterprise sudah semakin sadar tentang efisiensi energi, perangkat yang efektif, performa yang tinggi dan bisa virtualisasi. Perangkat yang kita tawarkan memenuhi keinginan konsumen tersebut," kata Raymond selepas konferensi pers Fujitsu Technology Day 2012 di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Kamis (22/3/2012).

Penggunaan teknologi pendingin melalui air ini diklaim dapat menghemat biaya investasi untuk energi, dibandingkan bila memakai pendingin berupa kipas yang lebih boros.

"Karena fungsionalitasnya yang tinggi dan ingin hemat biaya serta energi, server ini dilengkapi pendingin dari pipa air," katanya.

Seperti yang disebut Raymond, server CX400 ini lebih kompak, berukuran setengah dari model server standar. Fujitsu membuat rak server yang memuat 4 independent dual socket server nodes dan 24 local storage drives yang menjadi sebuah enclosure 2U yang lebih kompak.

Server seri Primergi CX ini menggunakan prosesor Intel Xeon E5-2600 yang dijamin mampu mengirim pengiriman data input dan output yang cepat.

Primergi CX 400 yang berukuran 1U akan dipasarkan mulai akhir Maret 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com