Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Tumbuh Cepat di Indonesia

Kompas.com - 26/03/2012, 09:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Meskipun BlackBerry masih menjadi smartphone favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia, tetapi smartphone berbasis Android kini mulai membayang-bayanginya.
 
Lembaga riset International Data Corporation (IDC) menyatakan, smartphone dengan sistem operasi dari Google itu mengalami pertumbuhan paling pesat pada kuartal terakhir 2011. Pengiriman smartphone Android ke Indonesia tumbuh 22 persen secara berurutan.
 
Alasan peningkatan ini dipicu oleh semakin banyaknya vendor yang mengadopsi Android, baik vendor lokal maupun global. Selain itu, munculnya smartphone Android dengan kisaran harga Rp 1,2 juta, menarik perhatian masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk membelinya.
 
Menurut Darwin Lie, Associate Market Analyst for Client Devices Research IDC Indonesia, kemungkinan besar Android akan mendominasi pasar smartphone di kuartal berikutnya.
 
Terlebih, Samsung sebagai vendor Android terbesar sangat agresif mempromosikan smartphone Android-nya. Di kuartal IV-2011, total pengiriman smartphone dari Samsung naik 116 persen secara berurutan.
 
Secara keseluruhan, pengiriman telepon seluler ke Indonesia pada kuartal IV-2011, naik 43 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah itu didominasi oleh feature phone.

Ponsel low-end yang dibekali fitur TV dan kartu SIM ganda, menurut IDC, membantu mempertahankan tingginya volume pengiriman ponsel di Indonesia sepanjang 2011. Kendati demikian, pengirimannya feature phone turun 4 persen.

 
Sementara untuk smartphone, pengiriman pada kuartal IV-2011 tumbuh 28 persen secara berurutan atau tumbuh 61 persen dari tahun sebelumnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com