Foxconn Rekrut 20.000 Pekerja untuk iPhone Baru?

Kompas.com - 26/03/2012, 18:08 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Foxconn, perusahaan manufaktur yang memproduksi iPhone dan iPad, berencana merekrut 20 ribu pekerja baru. Menurut 9to5mac.com yang mengutip China Morning News, ini upaya meningkatkan kapasitas produksi untuk "iPhone 5".

Pabrik Foxconn yang berada di Tai Yuan, Provinsi Shanxi, China Utara melakukan rekrutmen besar-besaran tersebut. Foxconn telah menyatakan membutuhkan ribuan pekerja baru, terutama untuk pekerja front-liner.

"Selama mereka memenuhi standar, kami akan merekrut sebanyak mungkin," ujar seorang bernama Yu, yang disebut sebagai "orang dalam" dari pabrik di Tai Yuan.

Menurut Yu, Foxconn mendapat order 85 persen dari total produksi iPhone yang akan datang. Artinya, Foxconn akan memproduksi sekitar 57 juta unit per tahun.

Spekulasi lain, meningkatnya kebutuhan pekerja di Foxconn juga disebabkan oleh banyaknya karyawan Foxconn yang mogok kerja.

Aksi mogok dan menuntut kompensasi dilakukan oleh karyawan untuk menuntut perlakuan yang lebih adil. Keadaan ini akan mempengaruhi calon karyawan yang akan bekerja di Foxconn untuk meminta upah lebih tinggi.

Sebelumnya, karyawan baru  Foxconn digaji 1.550 Yuan (atau 245 dollar AS) per bulan. Setelah 3 bulan, gaji mereka naik menjadi 1.800 Yuan (atau 285 dollar AS). Ditambah uang lembur dan bonus, mereka akan mendapatkan 2.200 Yuan hingga 3.500 Yuan (atau 345 hingga 550 dollar AS) per bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.