Penjagaan "Dapur" Apple Lebih Ketat dari Pentagon

Kompas.com - 27/03/2012, 08:35 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Salah satu kunci kesuksesan Apple dalam memasarkan berbagai produk yaitu menjaga kerahasiaan produk, baik yang akan diluncurkan maupun yang masih dalam bentuk prototipe.

Terkesan Apple sangat paranoid dalam menjaga kerahasiaan produknya, bahkan penjagaan kantor Apple dinilai lebih ketat dari Pentagon dan prosedur penjagaan rahasia perusahaannya melebihi CIA.

Seperti dilansir Tech Radar, penulis buku biografi Steve Jobs, Walter Isaacson, menjelaskan, sang perancang produk Apple seperti Macbook, iPod, iPhone, dan iPad, Jonathan Ive, memiliki ruangan khusus untuk merancang produk tersebut.

Ive yang menjabat sebagai Apple Senior Vice President of Industrial Design itu memiliki ruangan tertutup, pintu terkunci, terlindung dari jendela besi, bahkan harus memakai pakaian khusus saat memasukinya.

Ruangan tersebut dijaga oleh dua asisten khusus di bagian depan. Tidak ada yang diperbolehkan masuk ruangan tersebut, bahkan karyawan Apple yang memiliki jabatan tinggi pun tidak diperbolehkan masuk tanpa izin khusus.

Di jajaran direksi, kerahasiaannya pun sangat dijaga. Level direksi ini memiliki rahasia penting tentang bisnis Apple saat ini dan masa mendatang. Jika bocor, maka rahasia perusahaan akan terbongkar dan bisa saja bisnis Apple akan hancur.

Bagi Apple, sistem kerahasiaan ini merupakan alat pemasaran yang luar biasa. Dalam setiap rumor yang dikeluarkan, semua pekerja Apple dilarang membocorkan apa pun tentang rencana bisnis Apple, baik kepada media, public relation, blogger, rantai pemasok, maupun karyawan terendah sekalipun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karyawan Apple juga dilarang untuk membahas segala produk Apple meski di blog mereka sendiri, dilarang berkomentar tentang Apple di situs atau blog apa pun, dilarang membahas rumor, produk baru, hingga perbaikan produk Apple.

"Sebagai karyawan Apple, Anda memiliki kewajiban untuk menjaga rahasia informasi perusahaan, kepemilikan, dan perdagangan perusahaan di mana pun," kata dokumen surat kontrak Apple.

Apple juga melarang semua karyawannya bahkan hingga ke level jajaran direksi untuk tidak membicarakan segala informasi rahasia Apple, termasuk kinerja keuangan, harga, desain, dan dilarang mengambil foto di Apple Store.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.