Kompas.com - 27/03/2012, 10:14 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Facebook saat ini sedang berusaha mematenkan hak merek dagang atas kata "book".

Meski belum pasti memiliki paten tersebut, Facebook telah memasukkan kata "book" dalam form perjanjian hak dan tanggung jawab kepada para pengguna baru yang mendaftar.

Jika Anda adalah salah seorang pengguna baru Facebook, Anda akan menemukan permintaan persetujuan pada form perjanjian untuk tidak melanggar hak cipta atau merek dagangnya, meliputi logo F, kata Facebook, FB, Facem, Poke, Book, dan Wall.

Semua itu tidak boleh digunakan untuk kepentingan komersial tanpa ada izin dari pihak Facebook.

Padahal, hingga saat ini Facebook belum resmi memiliki paten kata "book". Dalam daftar database Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (AS), Facebook memang memiliki 73 merek dagang aktif, tetapi kata "book" tidak ada dalam daftar tersebut.

Jika calon pengguna Facebook menyetujui apa yang diminta Facebook, maka otomatis ia menyetujui perjanjian hak dan tanggung jawab merek dagang "book" yang sebenarnya belum dimiliki Facebook.

Langkah Facebook ini banyak dikritisi oleh pengamat hak cipta. Dalam posisi sekarang ini, Facebook belum berhak memasukkan kata "book" dalam perjanjian.

Sebelumnya, Facebook juga mencoba menghadang penggunaan kata "book" dari nama situs-situs baru. Facebook pernah menggugat situs komunitas online untuk guru bernama "Teachbook". Namun, proses hukum antara keduanya masih tertunda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.